Slawipos.com – Tim Audit Kinerja Itwasda Polda Jateng Gelar Audit Kinerja Polres Tegal Kota, Tim Audit Kinerja Itwasda Polda Jateng yang dipimpin oleh Auditor Kepolisian Madya TK III, Kombes Pol Djoko Tjahyono, S.I.K, S.H, melaksanaan Audit Kinerja Tahap II TA. 2022 Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian bertempat di Aula Deviacita Polres Tegal Kota, Kamis (20 Oktober 2022).

Ketua Tim Audit Kinerja dari Itwasda Polda Jateng Kombes Pol Djoko Tjahyono menyampaikan, bahwa audit kinerja yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari upaya untuk membantu satuan kerja (Satker) dan satuan wilayah (Satwil) dalam mencegah dan menghindari terjadinya penyimpangan pelaksanaan tugas kepolisian serta akuntabilitas penggunaan anggaran berbasis kinerja.

Kegiatan audit juga merupakan upaya strategis sebagai salah satu fungsi kontrol dalam upaya memperbaiki kinerja organisasi.

“Audit kinerja merupakan saran kontrol bagi satuan kewilayahan agar lebih peka terhadap dinamika perkembangan lingkungan kerja untuk menemukan, mengenali dan mengidentifikasi secara dini kemungkinan penyimpangan serta meminimalisir terjadinya tindakan yang dapat merugikan keuangan negara khususnya di lingkungan Polda Jateng, “terangnya.

Baca Juga :   Polres Tegal Menangkap Pelaku Pencurian Toko Klontong di Kabupaten Tegal

Dalam kesempatan ini Kombes Djoko Tjahyono mengharapkan adanya kerjasama dan keterbukaan dari seluruh obyek audit kinerja, kerjasama bukan untuk kolutif.

“Kami sangat memerlukan adanya kerjasama dan keterbukaan antara subyek dengan obyek audit, untuk kelancaran kegiatan demi tercapainya tujuan audit kinerja,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat menambahkan, audit kinerja merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berkala oleh satuan tingkat atas untuk menyatukan dan memberikan petunjuk serta mengarahkan guna mendukung pelaksanaan tugas yang lebih baik.

“Tentunya dengan adanya audit ini kami juga dapat saling berinteraksi dengan tim apabila ada hal-hal yang perlu didiskusikan,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolres menambahkan bahwa audit kinerja juga sebagai wadah dan sarana untuk meningkatkan pelaksanaan tugas kedepan agar tidak ada kendala dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Apabila nanti, ada temuan yang disampaikan oleh tim, tentunya harus kita tindaklanjuti sehingga dalam kegiatan operasional selanjutnya akan menjadi lebih baik menuju Polri yang Presisi,” pungkas Kapolres.

Baca Juga :   Desa Purbayasa dan Karangmangu Tarub Diterjang Puting Beliung

Untuk diketahui bahwa kegiatan Audit Kinerja Tahap II TA. 2022 Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian ini diikuti oleh seluruh Bag, Sat, Sie dan Polsek jajaran Polres Tegal Kota sebagai obyek pemeriksaan yang dilaksanakan pada hari ini.