Ribuan Pencari Kerja Serbu Salatiga Job Fair 2024! Apakah Anda Akan Ketinggalan?

Pencari Kerja Serbu Salatiga Job Fair 2024

SALATIGA – Salatiga Job Fair 2024 resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Yasip Khasani di Auditorium UIN Salatiga pada Selasa (28/5/2024). Job fair kali ini diikuti oleh 62 perusahaan ternama dari berbagai sektor, dan menjadi magnet bagi ribuan pencari kerja dari berbagai daerah.

Yasip Khasani menjelaskan bahwa Job Fair ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Pemkot Salatiga dua kali dalam setahun. Tahun ini, acara berlangsung selama dua hari, mulai 28-29 Mei 2024, dengan tujuan utama mengurangi angka pengangguran di kota tersebut.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum, jadi tidak hanya dari Kota Salatiga saja, melainkan juga dari wilayah sekitarnya. Pada tahap pertama, jumlah pendaftar tercatat sebanyak 4.124 orang dan tahap kedua sebanyak 4.435 orang pada tahun 2023. Jika kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, jumlah pendaftar bisa mencapai 10.000,” ujar Yasip Khasani.

Yasip menambahkan bahwa Pemkot Salatiga berhasil menurunkan angka pengangguran secara signifikan pada tahun lalu. “Pada tahun 2023, tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Salatiga sebesar 4,57%, sedikit di bawah angka TPT rata-rata kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. TPT di Kota Salatiga mengalami penurunan yang signifikan dari 7,26% pada tahun 2021 menjadi 5,58% pada tahun 2022, dan pada tahun 2023 kita berhasil menekannya hingga 4,57%,” jelas Yasip.

Baca Juga :   E-Makaryo Bantu Lulusan SMK Terhubung Ke Perusahaan Dan Temukan Pekerjaan

Yasip berharap, tahun ini TPT di Salatiga dapat kembali ditekan, salah satunya melalui Job Fair yang memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Kurnia, salah satu pencari kerja yang turut serta dalam Job Fair, mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. “Saya baru lulus SMA dan ingin mencari kerja untuk membantu meringankan beban orang tua. Senang dengan acara ini, jadi kita tinggal memilih mana yang sesuai. Semoga ada yang cocok,” harapnya.

Job Fair ini tidak hanya menjadi ajang bagi pencari kerja untuk menemukan pekerjaan, tetapi juga menjadi bukti komitmen Pemkot Salatiga dalam menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera daftarkan diri Anda!.**