Bencana Banjir di Demak: Tim Kudus Beraksi, Pengungsi Dapat Bantuan!

Bencana Banjir di Demak

Demak – Bencana Banjir di Demak, Dalam respons terhadap bencana banjir yang melanda Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Pemerintah Kabupaten Kudus telah mengirimkan tim relawan. Penjabat Bupati Kudus, Hasan Chabibie, bahkan secara langsung meninjau kondisi pengungsi yang saat ini berada di tenda-tenda darurat yang disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus. Peninjauan ini dilakukan pada Kamis malam, 8 Februari 2024.

Hasan Chabibie, bersama dengan Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Santoso, Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Harya Muldianto, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, telah memastikan bahwa tim relawan Kudus siap untuk melakukan evakuasi.

“Meski secara administratif wilayah ini termasuk Demak, kami merasa perlu untuk membantu sebagai tetangga. Ini adalah bencana yang memicu rasa kemanusiaan kita,” kata Hasan.

Hasan menjelaskan bahwa dua tenda besar telah didirikan di kawasan Jembatan Tanggulangin dan Terminal Jati Kudus. Selain itu, semua peralatan evakuasi, termasuk kendaraan rescue, perahu mesin, dan peralatan lainnya, juga telah disiapkan.

Baca Juga :   Muay Thai Resmi Dibuka Di Porprov, Wasit dan Pelatih Diminta Adil dan Profesional

“Kami telah menyiapkan dua tenda, satu di Jembatan Tanggulangin untuk evakuasi dan penanganan awal bagi korban yang bisa dibawa ke sini. Sedangkan tenda di Terminal Jati akan digunakan sebagai tempat pengungsian,” ujar Hasan.

Hasan juga berusaha untuk segera mendistribusikan bantuan seperti pakaian, makanan dan minuman, selimut, obat-obatan, dan bantuan lainnya yang dibutuhkan oleh pengungsi. Dengan demikian, beban para pengungsi dapat sedikit terkurangi.

“Kami berusaha agar bantuan makanan, pakaian, obat-obatan, dan lainnya bisa segera disalurkan ke posko pengungsian. Saat ini, kami sedang membangun komunikasi dengan semua pihak terkait,” tambahnya.

Sementara itu, Wahyu, seorang warga Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh semua relawan yang datang ke Demak, termasuk dari Kudus, Pati, Blora, Jepara, Rembang, BPBD Provinsi Jawa Tengah, dan lainnya.

“Saya sangat berterima kasih atas bantuan ini, karena ini sangat membantu kami untuk segera menuju tempat pengungsian,” ungkap Wahyu.***