Festival Tari Rakyat Khas Kudus Meriahkan Hari Jadi ke-747 Kabupaten Kudus

Festival Tari Rakyat Khas Kudus Meriahkan Hari Jadi ke-747 Kabupaten Kudus

KUDUS – Festival Tari Rakyat Khas Kudus Meriahkan Hari Jadi ke-747 Kabupaten Kudus, Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-747 Kabupaten Kudus, Pemerintah Kabupaten Kudus bersama dengan Tim Penggerak (TP) PKK mengadakan Festival Tari Rakyat Khas Kudus 2023, yang berlangsung di Taman Wergu, Selasa (12/9/2023). Festival ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah, khususnya seni tari.

Ketua TP PKK Mawar Hartopo mengatakan bahwa festival ini merupakan wadah bagi para penari untuk menampilkan kreativitas dan inovasi mereka dalam menciptakan tarian-tarian yang unik dan menarik. Ia berharap bahwa festival ini dapat memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan daerah dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kudus.

“Kami ingin mengenalkan kekayaan budaya Kudus kepada masyarakat luas, sekaligus menggali potensi tradisi lokal yang ada di sini. Kami juga ingin menghidupkan pariwisata lokal dengan menampilkan seni tari yang berkualitas,” ucap Mawar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Mutrikah, menambahkan bahwa festival tari juga menjadi sarana untuk melahirkan tarian-tarian baru yang dapat dipromosikan lebih jauh. Ia mengatakan bahwa festival tari ini diikuti oleh 15 peserta, yang berasal dari sanggar tari dan lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Kudus.

Baca Juga :   Rokok Ilegal Senilai Rp7 Miliar Dimusnahkan di Kudus

“Kami sangat mengapresiasi partisipasi para peserta yang telah menunjukkan bakat dan semangat mereka dalam seni tari. Kami berharap bahwa festival ini dapat menjadi agenda tahunan yang dapat meningkatkan prestasi dan kesejahteraan para seniman tari di Kudus,” kata Mutrikah.***