Pokjanal Posyandu Diharapkan Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Pokjanal Posyandu Diharapkan Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Slawipos.com – Pokjanal Posyandu Diharapkan Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga, Fasilitasi dan Pembinaan Pokjanal Pusat Kesejahteraan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kabupaten/Kota dalam Integrasi Layanan Primer diselenggarakan di Hotel @HOM Kudus, Selasa (8/8/2023). Acara ini dihadiri oleh berbagai stakeholder terkait, termasuk Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo.

Mawar Hartopo menekankan pentingnya peran Posyandu dalam menjalankan layanan kesehatan primer yang integratif, promotif, dan preventif. Ia mengatakan bahwa Posyandu sangat efektif dalam membantu identifikasi masalah kesehatan keluarga melalui kunjungan rumah. Ia juga menyampaikan perlunya pembentukan wadah koordinasi di semua tingkatan, khususnya di tingkat desa, dalam bentuk Pokjanal Posyandu.

“Posyandu adalah alat efektif yang membawa manfaat besar bagi kesejahteraan keluarga. Untuk itu, kita perlu mengembangkan kerangka kerja yang terkoordinasi dengan baik di semua tingkatan, terutama di tingkat desa, melalui pendekatan Pokjanal,” ujarnya.

Subkoordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Rita Utrajani, berharap agar Pokjanal kabupaten/ kota dan kecamatan dapat segera terimplementasi, melalui Posyandu terintegrasi atau Posyandu Sahabat Masyarakat. Ia menjelaskan bahwa Posyandu dulunya merupakan bagian dari program PKK, namun seiring waktu berdiri sendiri sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD).

Baca Juga :   Rembang Luncurkan Aplikasi Srikandi untuk Pengelolaan Arsip Elektronik

“Kami berharap agar implementasi Pokjanal kabupaten/ kota serta Pokjanal kecamatan dapat segera terealisasi, melalui pendekatan Posyandu yang terintegrasi, atau yang dikenal sebagai Posyandu Sahabat Masyarakat,” tuturnya.