Timotius Suryadi Dilantik Jadi Pj Bupati Karanganyar, Ini Tantangan yang Menanti

Timotius Suryadi Dilantik Jadi Pj Bupati Karanganyar

Semarang – Timotius Suryadi Dilantik Jadi Pj Bupati Karanganyar, Kabupaten Karanganyar memiliki pemimpin baru. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Timotius Suryadi, sebagai Pj Bupati Karanganyar. Pelantikan berlangsung di Grhadhika Bhakti Praja, Semarang, Jumat (15/12/2023).

Timotius menggantikan Rober Christanto, yang masa jabatannya berakhir pada 15 Desember 2023. Rober sendiri baru menjabat sejak November 2023, menggantikan Juliyatmono, yang mundur karena mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2024.

Timotius akan memimpin Karanganyar hingga terpilihnya bupati definitif melalui pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar pada 2024. Selama itu, Timotius akan mendapat evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri setiap tiga bulan sekali.

“Jabatan ini adalah amanah dan kepercayaan dari pimpinan, yang harus dipertanggungjawabkan dengan baik,” kata Nana.

Nana juga memberikan beberapa arahan kepada Timotius, terkait pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebagai Pj Bupati Karanganyar. Di antaranya adalah:

  • Menurunkan inflasi, yang mencapai 3,2 persen per Oktober 2023, di atas rata-rata nasional.
  • Menangani kemiskinan ekstrem, stunting, dan pengangguran, yang masih tinggi di Kabupaten Karanganyar. Data menunjukkan, ada 9,76 persen atau 88,6 ribu orang miskin, 22,3 persen anak stunting, 5,7 persen pengangguran terbuka, dan banyak siswa putus sekolah di daerah ini.
  • Menjaga kondusivitas dan netralitas selama Pemilu 2024, dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan instansi lain, seperti TNI-Polri, tokoh agama, dan masyarakat.
Baca Juga :   Dua Pasar di Wonogiri Direvitalisasi, Bupati dan Wagub Pimpin Peletakan Batu Pertama

“Ini adalah PR yang masih banyak dan harus diselesaikan. Perlu peningkatan kinerja, termasuk melibatkan Forkompinda dan stakeholder terkait lainnya. Juga perlu keseriusan dan komitmen untuk menyukseskan pemilu, agar berjalan lancar, sejuk, tertib, dan kondusif. Sosialisasikan terus soal pemilu damai,” pesan Nana.***