Pemilu 2024: Blora Siap Distribusi Logistik, Bupati Optimis Semua TPS Terpenuhi!

Blora Siap Distribusi Logistik

BLORA – Blora Siap Distribusi Logistik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora telah resmi memulai distribusi logistik untuk Pemilu 2024. Distribusi ini ditujukan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 16 kecamatan yang ada.

Peluncuran simbolis distribusi logistik Pemilu 2024 ini dilakukan oleh Bupati Blora, Arief Rohman. Peluncuran ini berlangsung di depan gedung PKPRI Blora pada Kamis, 8 Februari 2024.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Blora, Widi Nurintan Ari Kurnianto, jadwal pendistribusian logistik Pemilu 2024 akan dilakukan dalam empat tahap, dimulai dari Kamis, 8 Februari 2024 hingga Minggu, 11 Februari 2024.

“Pada tahap pendistribusian pertama, kami akan mendistribusikan logistik ke empat kecamatan, yaitu Kecamatan Jiken, Sambong, Kedungtuban, dan Cepu. Kami merencanakan pendistribusian ini akan berlangsung selama empat hari, dari Kamis hingga Minggu, untuk menjangkau 16 kecamatan di Kabupaten Blora,” kata Widi.

Widi menambahkan bahwa ada beberapa kecamatan yang menjadi prioritas dalam pendistribusian ini, yaitu Kecamatan Jati dan Todanan, karena lokasinya yang cukup jauh. Sedangkan untuk Kecamatan Blora, pendistribusian tidak akan dilakukan ke kecamatan, melainkan langsung didistribusikan ke PPS di akhir jadwal, yaitu pada 11 Februari 2024.

Baca Juga :   Dharma Wanita Persatuan Klaten Senam Berkebaya di Bukit Sidoguro

“Distribusi ini akan langsung menuju desa atau kelurahan di wilayah Kecamatan Blora,” ujar Widi.

Dia menjelaskan bahwa sesuai dengan jadwal, distribusi logistik Pemilu 2024 pada hari kedua, Jumat, 9 Februari 2024, akan ditujukan ke Kecamatan Banjarejo, Ngawen, Tunjungan, dan Kunduran. Pada hari ketiga, Sabtu, 10 Februari 2024, distribusi akan dilakukan ke Kecamatan Jepon, Bogorejo, Todanan, dan Japah. Selanjutnya, pada hari keempat, Minggu, 11 Februari 2024, distribusi akan dilakukan ke Kecamatan Jati, Randublatung, dan Kradenan.

Widi juga menambahkan bahwa di Kabupaten Blora terdapat sebanyak 20.839 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 2.977, yang tersebar di 295 desa atau kelurahan. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Blora mencapai 704.285 pemilih, yang terdiri dari 349.413 pemilih laki-laki dan 354.872 pemilih perempuan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blora, Arief Rohman, mengapresiasi peluncuran distribusi logistik Pemilu 2024 ini.

“Kami berharap sinergi antara penyelenggara (KPU) dan pengamanan dari Kepolisian serta TNI dapat memastikan distribusi logistik ini berjalan lancar dan sampai tujuan. Kami berharap semua TPS dapat terpenuhi dan tidak ada yang kurang. Insyaallah, sesuai target, dalam empat hari semua logistik sudah sampai ke masing-masing TPS,” kata Bupati Blora.

Baca Juga :   Pemkab Semarang Bagikan 107 Alsintan ke Kelompok Tani

Perlu diketahui, ada dua jenis logistik Pemilu 2024 yang akan didistribusikan. Pertama, logistik utama, seperti surat suara, yang menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengekspresikan hak pilih mereka, dan formulir penghitungan dan rekapitulasi, yang menjadi sarana untuk mengadministrasikan proses pemilu. Kedua, logistik pendukung, seperti bilik, tinta, dan alat coblos.***