Atikoh Gandeng Nasyiatul Aisyiyah Cegah Stunting di Jateng

Atikoh Gandeng Nasyiatul Aisyiyah Cegah Stunting di Jateng

BOYOLALI – Atikoh Gandeng Nasyiatul Aisyiyah Cegah Stunting di Jateng, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengajak Nasyiatul Aisyiyah (NA) untuk berkontribusi dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting di provinsi ini. Menurutnya, NA merupakan organisasi perempuan yang cerdas dan responsif terhadap permasalahan masyarakat.

Hal ini disampaikan Atikoh saat menghadiri Musyawarah Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Jawa Tengah dengan tema ‘Nyala Daya Perempuan Memajukan Peradaban’, di Gedung Muzdalifah, Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Sabtu (26/8/2023).

“NA itu kan memang luar biasa, anggotanya cerdas-cerdas, kemudian sangat responsif terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. Saya berharap NA bisa ikut berperan aktif dalam mencegah dan menurunkan angka stunting, yang merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah,” ucapnya.

Atikoh berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pencegahan stunting, yang bisa dilakukan oleh anggota NA. Salah satunya adalah dengan melakukan deteksi dini atau skrining anemia pada remaja putri, yang merupakan salah satu faktor risiko stunting.

“NA itu kan memiliki banyak jaringan, mulai dari universitas, sekolah, sampai tingkat bawah. Jadi bisa berkolaborasi, misalnya mahasiswa kedokteran, kesehatan masyarakat, untuk melakukan skrining anemia, kemudian memberikan edukasi kepada masyarakat terkait gizi dan pencegahan stunting,” katanya.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Ajari Siswa SMA dan SMK di Cilacap, Beri Motivasi dan Edukasi Era Digital

Atikoh berharap kesempatan itu menjadi awal kolaborasi yang baik antara PKK dan NA. Apalagi, lanjut Atikoh, di NA banyak anggota yang berprofesi sebagai guru PAUD.

“Mereka kan sangat dekat juga dengan anak didiknya. Kemudian kita juga bisa bergandengan tangan, gotong royong, misalnya ada masyarakat yang membutuhkan itu bisa kita berikan asupan gizi protein hewani. Saya senangnya sama teman-teman dari NA dari Aisyiyah itu, banyak sekali ilmu yang bisa saya dapatkan juga,” tandasnya.