Belajar dari Dekranasda Jateng, Belitung Timur Ingin Bawa UMKM Pameran ke Luar Daerah

Belajar dari Dekranasda Jateng, Belitung Timur Ingin Bawa UMKM Pameran ke Luar Daerah

Slawipos.com – Belajar dari Dekranasda Jateng, Belitung Timur Ingin Bawa UMKM Pameran ke Luar Daerah, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur, Purwenda Puspitasari, mengunjungi Ketua Dekranasda Jawa Tengah (Jateng), Siti Atikoh Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh, Semarang, Selasa (22/8/2023). Purwenda ingin meniru kesuksesan Dekranasda Jateng, di bawah kepemimpinan Atikoh, dalam mengembangkan UMKM dan menggelar pameran ke luar daerah.

Purwenda mengatakan, kunjungannya ke Dekranasda Jateng merupakan bagian dari kegiatan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), yang diadakan di Kota Semarang. Ia merasa beruntung bisa bertemu dengan Atikoh dan mendapatkan banyak inspirasi dari program dan kegiatan Dekranasda Jateng.

“Kami sedang ikut kegiatan JKPI, kebetulan tuan rumahnya Kota Semarang. Alhamdulillah sekali jalan bisa berkunjung ke Dekranasda Jawa Tengah, dan diterima baik oleh Ibu Atikoh,” ujarnya.

Dari pertemuan itu, Purwenda mengatakan terinspirasi dengan kegiatan dan program Dekranasda Jateng. Di antaranya dengan menggelar pameran UMKM ke luar daerah.

“Kemudian membuka galeri, galerinya tidak begitu resmi, biar yang pakai sandal jepit juga bisa masuk, ya itu terinspirasi dari Ibu (Atikoh),” ucapnya.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Nginep di Rumah Warga Cilacap, Warga Antusias Menyambut Meski Tengah Malam

Purwenda mengatakan, dalam jamuan makan siang itu, diharapkan pertukaran pengalaman yang ada bisa diterapkan di Kabupaten Belitung Timur.

“Mudah-mudahan nanti perajin kami di Belitung Timur bisa meniru yang dilakukan di Jawa Tengah,” tegasnya.

Senada disampaikan Ketua Dekranasda Jateng, Atikoh Ganjar. Ia mengungkapkan pertemuan itu menjadi luar biasa, karena banyak yang bisa dipelajari dari masing-masing daerah. Belitung Timur, kata Atikoh, merupakan daerah dengan kesiapan wisata yang sangat bagus.

“Harapannya ini juga bisa menjalin kerja sama terkait pemasaran. Kita juga bisa banyak belajar karena Belitung Timur salah satu kabupaten yang sangat siap untuk menerima wisatawan. Jadi Insyaallah ini berbagi pengetahuan yang luar biasa, saling menguatkan dan men-support satu sama lain,” tandasnya.