Slawipos.com – Penghijauan 10 Ribu pohon di Brebes Peringati Hari Santri dan Sumpah Pemuda, Masih dalam nuansa peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022, Pengurus MWC NU Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes menggelar penghijauan 10 ribu pohon di Bukit Kamin lereng Gunung. Minggu, 30 Oktober 2022.

Hadir dalam kegiatan itu yakni Muspika Sirampog, Joni Waluyo anggota DPRD dari fraksi PAN, tokoh agama KH. Aminudin SH, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta masyarakat Desa Dawuhan dan sekitarnya.

Disampaikan Danramil 10 Sirampog Kodim 0713 Brebes melalui Peltu Edi Susianto (Bati Tuud), kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 500 orang yang merupakan gabungan dari berbagai dinas/instansi serta segenap elemen masyarakat.

Untuk jenis bibit yang ditanam meliputi jambu, mangga, beringin, pinus, dan ketapang.

“Reboisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif karena selain mempererat silaturahmi antar seluruh elemen, juga merupakan mitigasi bencana alam tanah longsor atau tanah bergerak di kaki Gunung Slamet,” terang Edi.

Selain itu lanjut Edi, pihaknya menghimbau masyarakat petani di sekitar Bukit Kamin agar ikut merawat apa yang telah ditanam karena hasilnya nanti juga untuk masyarakat sendiri, baik itu sebagai peneduh, mencegah erosi, hasil kayu keras, maupun buah-buahan.

Baca Juga :   Kerusakan Jalan Provinsi ruas Bumiayu Tuwel semakin parah akibat curah hujan tinggi

Terpisah, warga Desa Kaligangsa Wetan Kecamatan Brebes, juga melakukan penghijauan di sepanjang Jalan Sunan Muria untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober yang ke-94.

Kebersamaan untuk memperindah dan menyejukkan Desa Kaligangsa Wetan ini diikuti berbagai kalangan yakni TNI-Polri, Pemuda Karang Taruna, Linmas, Banser, SSB, Ansor, IPNU, Format Bersatu Kaligangsa Wetan, serta warga masyarakat setempat.