Nakes Brebes Demo Lagi, Minta Formasi P3K 2023, Pemkab dan DPRD Janji Ini

Nakes Brebes Demo Lagi, Minta Formasi P3K 2023, Pemkab dan DPRD Janji Ini

Pantura – Nakes Brebes Demo Lagi, Minta Formasi P3K 2023, Pemkab dan DPRD Janji Ini, Aksi demo kembali digelar oleh perwakilan tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Brebes untuk menuntut formasi P3K 2023. Mereka mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Brebes pada Senin 25 September 2023, setelah sebelumnya melakukan aksi serupa di KPT Brebes pada Jumat 22 September 2023.

Mereka hanya memiliki satu tuntutan, yaitu agar nakes masuk dalam perekrutan Formasi P3K 2023. Padahal, saat ini formasi P3K hanya untuk tingkat pendidik, yaitu 70 persen dari 2.555 formasi yang sebelumnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes Ineke Tri Sulistyowaty mengatakan, pihaknya bersama Pj Bupati, DPRD Brebes dan perwakilan Nakes akan konsultasi ke Kemen PAN-RB. Hal ini, agar nakes masuk dalam formasi P3K 2023 di Kabupaten Brebes.

“Kita harus bersabar ya, karena upaya ini akan dilakukan besok. Dan harus optimis bisa membuahkan hasil yang baik untuk formasi nakes,” ujarnya.

Meskipun para nakes menuntut kejelasan hari ini, kata dia, pihaknya belum bisa memberikan jawaban. Meski begitu, dia meyakini ada upaya yang lebih baik untuk solusi formasi nakes.

Baca Juga :   Festival Bawang Merah Brebes 2023, Sinergi BI dan Pemkab untuk Jaga Stabilitas Harga dan Pasokan

“Sehingga dalam hal ini, kami minta kepada teman-teman nakes di pelayanan puskesmas, rumah sakit atau lainnya untuk tetap bersabar. Percayakan upaya Pemkab Brebes dan perwakilan nakes besok membuahkan hasil agar formasi nakes bisa dibuka,” pungkasnya.

Sedikitnya, ada enam tuntutan yang disampaikan oleh mereka. Bahkan, tuntutan tersebut baru ditandatangani oleh Ketua DPRD Kabupaten Brebes M. Taufik.

Dalam tuntutan itu, diantaranya Ketua DPRD siap memberangkatkan Nakes dan Non Nakes 15 Ketua Organisasi Profesi dan seluruh Kepala Puskesmas se-Kabupaten Brebes bersama tim dari Pemda Brebes ke Jakarta dalam rangka usulan formasi P3K.

Usulan kedua, sopir, pramu kantor, penjaga malam menolak outsourcing. Ketiga, semua nakes dan non nakes menuntut formasi P3K 100 persen dengan jumlah 2.066 tenaga di 2023.

Keempat, semua Non ASN baik nakes maupun non nakes diangkat P3K pada tahun 2023. Kelima, proses pendaftaran P3K oleh pemerintah daerah ditutup sementara sampai tuntutan dari Non ASN terealisasi. Dan terakhir, apabila hari Selasa 26 September 2023, tidak membuahkan hasil sesuai tuntutan dengan puskesmas dan rumah sakit se-Kabupaten Brebes tutup pelayanan.

Baca Juga :   Jalan Kabupaten Rusak Parah, Warga Brebes Selatan Inginkan Perbaikan

Dalam orasinya, seorang nakes menagih janji Pemkab Brebes yang sempat menjanjikan nakes akan masuk dalam formasi pengadaan PPPK 2023.

Mereka menggelar aksi unjuk rasa lantaran tak masuk dalam formasi PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2023 seperti yang dijanjikan Pemkab Brebes.***