Pemkab Brebes dan PLN Sinergi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Kelistrikan

Pemkab Brebes dan PLN Sinergi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Kelistrikan

BREBES – Pemkab Brebes dan PLN Sinergi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Kelistrikan, Kelistrikan merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Brebes yang sedang mengembangkan sektor industri. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Brebes bersinergi dengan PT PLN sebagai penyelenggara kelistrikan negara untuk memastikan ketersediaan, kehandalan, dan efisiensi listrik yang digunakan oleh masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Brebes Urip Sihabudin, dalam acara Multi Stakeholder Forum (MSF) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Tegal, yang digelar di Pendopo Bupati Brebes, beberapa waktu lalu.

“Kami berharap, dengan kerjasama ini, kita bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Brebes, melalui penggunaan listrik yang ekonomis dan produktif. Selain itu, kita juga ingin memastikan bahwa semua warga Brebes dapat menikmati listrik, terutama yang masih berstatus miskin ekstrem,” ujarnya.

Urip menambahkan, salah satu bentuk kerjasama antara Pemkab Brebes dan PLN adalah program penyambungan listrik gratis untuk keluarga tidak mampu. Menurutnya, hingga Juli 2023, sebanyak 321 dari 732 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya belum teraliri listrik telah mendapatkan bantuan tersebut. Sisanya akan segera ditangani agar segera terbebas dari kemiskinan.

Baca Juga :   Petani Garam di Brebes Mulai Produksi Lagi, Berharap Cuaca dan Harga Menguntungkan

“Insya Allah dengan tinggal 411 KK yang miskin ekstrem, bisa teratasi dengan adanya kerjasama antara pemkab, PLN, Pemprov, serta stakeholder lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Tegal Aditya Darmawan mengatakan, MSF diselenggarakan untuk memetakan potensi investasi terkait kelistrikan di Kabupaten Brebes. Ia berharap, dengan adanya forum ini, dapat menarik minat investor untuk masuk ke Brebes dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta mengurangi pengangguran.

Aditya menjelaskan, penggunaan listrik di Brebes dalam satu tahun terakhir mengalami peningkatan 3,9 persen. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas ekonomi dan industri di daerah ini.

“Kami dari PLN berkomitmen untuk mendukung pembangunan di Brebes dengan menyediakan listrik yang handal dan efisien. Kami juga membuka program Light Up The Dream (LUTD) atau program sambungan listrik gratis yang disalurkan kepada keluarga tidak mampu. Hasilnya, sebanyak 86 rumah warga di wilayah kerja PLN UP3 Tegal kini teraliri listrik,” ungkapnya.