K-Pop  

15 tahun setelah debutnya, Apa yang telah dicapai IU di usia 30 tahun

Apa yang telah dicapai IU di usia 30 tahun

Slawipos.com – 15 tahun setelah debutnya: apa yang telah dicapai IU di usia 30 tahun, Ada seorang selebriti yang dapat digambarkan sebagai penyanyi nasional, penghibur serba bisa, atau serba bisa. Dia adalah penyanyi dan aktris IU, yang sedang merayakan hari jadinya yang ke-15 tahun.

Lahir pada bulan Mei 1993, IU memulai debutnya pada tanggal 18 September 2008 pada usia 15 tahun dengan merilis mini album ‘Lost And Found’.

Nama panggungnya, IU, berarti ‘kau dan aku menjadi satu melalui musik’. Dia memamerkan penampilan vokal yang memikat di usia yang masih sangat muda.

Lagu debutnya, “Mia,” tidak terlalu mendapat banyak perhatian. Untuk album penuh pertamanya, ia merilis lagu dance berjudul “BOO” dan mencoba mengubah citranya menjadi seorang idola.

Setelah memantapkan dirinya dengan lagu-lagu dance yang goyang seperti “You Know” dan “Marshmallow,” ia dikenal sebagai adik perempuan di tahun 2010 ketika lagunya “Nagging” dengan Im Seul Ong menjadi hit dan penampilan regulernya di “Hero Girl” meningkatkan profilnya.

Pada bulan Desember di tahun yang sama, lagu utama “Good Day” dari mini albumnya “Real” menjadi hampir sindikasi, menjadikan IU sebagai adik perempuan dari Moon Geun Young, terutama karena nada-nada tinggi tiga langkahnya di paruh kedua lagu.

Dia juga mulai berakting pada tahun 2011 dengan “Dream High,” dan menunjukkan antusiasmenya dengan mengenakan make-up khusus untuk peran pertamanya. Drama dan OST yang dinyanyikan oleh IU sukses di box office, dan masa kejayaan IU terus berlanjut.

Ini juga merupakan tahun di mana IU paling aktif di dunia penyiaran. Ia muncul di berbagai program hiburan terestrial seperti ‘Infinite Challenge’, ‘Running Man’, ‘Popular’, ‘Kim Yeon-ah’s Kiss and Cry’, dan ‘Happy Together’.

Baca Juga :   IU dituduh melakukan plagiarisme dan dengan tenang menepisnya

Selain itu, lagu utama “You and Me” dari album penuh keduanya “Last Fantasy” yang dirilis pada tahun 2011 meraih hasil yang luar biasa, termasuk 74 all-kill sempurna di I-Chart dan enam minggu berturut-turut di posisi pertama di Music Bank.

Pada tahun 2013, ia berhasil mengubah citranya dari seorang idola menjadi seorang musisi dan penyanyi-penulis lagu. IU dianggap sebagai salah satu penyanyi langka yang berhasil melakukan transisi dari vokalis menjadi idola dan dari idola menjadi musisi. Hal ini membuatnya menjadi penyanyi yang dicintai oleh orang-orang dari segala usia.

Sejak saat itu, semua musik dan albumnya telah sukses di box office. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa setiap lagu yang ia rilis telah menjadi hit, mulai dari “See You Friday”, “Pink God”, “My Old Story”, “Your Meaning”, hingga “Spring Love (Not Cherry Blossoms)”.

Daftar kesuksesan musik IU tidak ada habisnya. Pada tahun 2021, 17 lagunya masuk dalam tangga lagu Melon Top 100.

Di usia belasan, 20-an, dan 30-an, IU memenangkan sejumlah rekor hadiah utama di acara penghargaan terkait musik.

Dengan status pembangkit tenaga listrik musiknya, daya tarik lintas generasi, jangkauan vokal yang kuat, dan nada yang indah, IU membanggakan kekuatan penjualan tiket yang tak tertandingi.

Pada tahun 2018, ia menjadi penyanyi solo wanita kedua dalam sejarah yang menggelar konser di KSPO Dome (stadion senam) dengan konser tunggal.

Pada tahun 2019, ia menjadi penyanyi solo Korea kedua yang tampil di stadion senam dengan kursi 360 derajat. Konser ini juga terjual habis dan menjadi pertunjukan terbesar yang pernah dilakukan oleh penyanyi wanita Korea, baik dalam grup maupun solo.

Baca Juga :   Penyanyi dan aktor Suzy telah menyanyikan lagu tema dari survival girl group baru Hive

Tahun lalu, ia mengadakan konser pertamanya dalam tiga tahun setelah pandemi. Ia menjadi penyanyi wanita Korea Selatan pertama, baik dengan grup maupun solo, yang masuk ke stadion utama Olimpiade Seoul. Ia sekali lagi menunjukkan kekuatan tiketnya, dengan menjual hampir 90.000 kursi.

Konser ini dirilis pada tanggal 13 dengan judul ‘IU Concert: The Golden Hour’. Ini adalah film konser langsung pertama yang dirilis di iMax, dan meskipun dirilis secara eksklusif oleh CGV, film ini menjadi film nomor satu di box office secara keseluruhan.

Daftar prestasi IU dalam 15 tahun karirnya tidak ada habisnya, termasuk menghadiri Festival Film Cannes dan memenangkan beberapa penghargaan sebagai aktris ternama.

Pada tanggal 23 dan 24 bulan ini, IU akan mengadakan konser penggemar untuk merayakan ulang tahun ke-15 debutnya. Konser ini juga akan menampilkan panggung 360 derajat.

Ini akan menjadi pertemuan penggemar dan konser penggemar terbesar oleh penyanyi wanita Korea, dan dia juga akan menjadi penyanyi solo wanita pertama yang mengadakan pertemuan penggemar di KSPO Dome dan penyanyi wanita pertama yang mengadakan pertemuan penggemar dengan panggung 360 derajat.