Rembang Luncurkan 14 Desa Rintisan Kampung Moderasi Beragama

Rembang Luncurkan 14 Desa Rintisan Kampung Moderasi Beragama

Slawipos.com – Rembang Luncurkan 14 Desa Rintisan Kampung Moderasi Beragama, Kabupaten Rembang meluncurkan 14 desa menjadi rintisan Kampung Moderasi Beragama (KMB), sebagai upaya untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama di kota santri. Peluncuran ini dilakukan oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz, bersama dengan Ketua DPRD Kabupaten Rembang Yunianto, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rembang M Kafit, dan Kepala Desa Wonosari Agus Parmuji, di Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Selasa (15/8/2023).

Acara peluncuran ini diawali dengan ritual wiwit mbako atau petik pertama daun tembakau, yang merupakan tradisi turun-temurun dari petani tembakau di Temanggung. Ritual ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur dan harapan agar panen tembakau berjalan lancar dan menguntungkan.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, kerukunan antarumat beragama merupakan nilai solusi dalam menjaga keutuhan bangsa. Ia mengajak masyarakat untuk mengedepankan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Kerukunan antarmanusia menjadi ajaran utama di semua agama, karena perpecahan darah yang mengakibatkan pembunuhan menjadi dosa besar. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada, karena itu adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Baca Juga :   Pelebaran Jalan Pantura, Lampu Lalu Lintas di Pertigaan Clangapan Dimatikan

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rembang M Kafit mengungkapkan, rintisan KMB merupakan program yang bertujuan untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi masyarakat yang beragam. Ia mengatakan, 14 desa yang dipilih sebagai rintisan KMB adalah desa-desa yang memiliki potensi dan keberagaman dalam bidang agama.

“Kita ingin memperkuat moderasi beragama di Kabupaten Rembang, yang sudah kondusif. Kita juga ingin memberikan contoh bagi desa-desa lainnya, agar bisa mengikuti jejak 14 desa ini. Kita harapkan, dengan adanya rintisan KMB ini, masyarakat bisa lebih toleran, damai, dan harmonis,” katanya.

Adapun 14 desa yang telah menjadi rintisan KMB adalah Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang, Desa Kuangsan Kecamatan Kaliori, Desa Kedungasem Kecamatan Sumber, Desa Cabean Kecamatan Bulu, Desa Pragu Kecamatan Sulang, Desa Panohan Kecamatan Gunem, Desa Mrayun Kecamatan Sale, Desa Kalipang Kecamatan Sarang, Desa Pandanganwetan Kecamatan Kragan, Desa Pangkalan Kecamatan Sluke, Desa Selopuro Kecamatan Lasem, Desa Jeruk Kecamatan Pancur, Desa Segoromulyo Kecamatan Pamotan, dan Desa Gandrirojo Kecamatan Sedan.