Program Pelatihan Komputer untuk Penyandang Disabilitas di Rembang

Program Pelatihan Komputer untuk Penyandang Disabilitas di Rembang

REMBANG – Program Pelatihan Komputer untuk Penyandang Disabilitas di Rembang, Sebuah program pelatihan komputer untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Rembang sedang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK). Program ini diikuti oleh 16 orang dengan berbagai macam disabilitas, seperti tuli, tuna wicara, dan usia lanjut. Mereka belajar tentang berbagai aplikasi komputer, seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan Photoshop, selama 33 hari hingga akhir September 2023.

Program ini diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang, yang menunjuk BLK Rembang sebagai pelaksana pemberi pelatihan. Menurut Kepala Jurusan TIK UPT BLK Rembang Zennu Arifianto, program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas penyandang disabilitas. “Harapannya, setelah pelatihan ini, peserta bisa membuat proposal sendiri. Yang punya usaha, bisa membuat pembukuan sederhana,” ujar Zennu.

Zennu menambahkan, metode pembelajaran disesuaikan dengan kondisi peserta. Misalnya, untuk peserta yang tuli dan tuna wicara, instruktur menggunakan alat bantu sulih suara seperti Google Voice, agar mereka bisa mengikuti materi dengan baik. Selain itu, peserta juga mendapatkan fasilitas gratis, seperti makan, seragam, dan uang transpor.

Baca Juga :   Muay Thai Resmi Dibuka Di Porprov, Wasit dan Pelatih Diminta Adil dan Profesional

Salah satu peserta pelatihan yang berasal dari Desa Mlagen, Kecamatan Pamotan Wardatul Atiroh mengaku senang dan bersyukur bisa mengikuti program ini. Ia mengatakan, ini adalah pengalaman pertamanya belajar komputer. “Ini sangat membantu bagi kami, apalagi saya tidak pernah pegang komputer sama sekali. Jadi dari dasar banget ini,” tuturnya.

Atiroh sedang belajar menata gambar dengan menggunakan Photoshop. Ia berharap, setelah selesai pelatihan ini, ia bisa membuat desain sendiri untuk usahanya. “Saya punya usaha jualan baju online. Kalau bisa desain sendiri, kan lebih bagus,” ucapnya.

Program pelatihan komputer untuk penyandang disabilitas di Rembang ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap pemberdayaan masyarakat yang membutuhkan. Diharapkan, program ini bisa memberikan manfaat dan motivasi bagi para peserta untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.***