K-Pop  

Han Sang-won komposer lagu “BOO” milik penyanyi IU telah membantah tuduhan plagiarisme

Aktris dan Penyanyi IU dengan gaun putih yang cantik senyum

Slawipos.com – Han Sang-won komposer lagu “BOO” milik penyanyi IU telah membantah tuduhan plagiarisme, Komposer ‘BOO’ IU membantah tuduhan plagiarisme dan mengatakan bahwa lagu tersebut “100% ciptaan saya”

Pada tanggal 12, Han Sang-won menulis sebuah postingan di media sosialnya untuk membantah tuduhan plagiarisme seputar lagu ‘Boo’ milik IU.

“Pada tahun 2008, saya ditugaskan untuk menulis lagu oleh IU, yang merupakan penyanyi baru pada saat itu, dan genre yang saya pilih adalah ’80-an dance pop wanita’, yang merupakan genre favorit saya pribadi,” ujarnya. “Saya memikirkan ‘lagu dansa dengan kisah cinta yang hidup dan imut’ setelah melihat IU, yang merupakan seorang siswa muda pada saat itu, dan menciptakan lagu tersebut dengan terlebih dahulu membuat lirik inti ‘You’re my boo’ yang terinspirasi oleh kata ‘boo’ dan ‘image melody’ pada bagian reff, dan kemudian mengimplementasikan kesamaan irama dan aransemen ’80-an dance pop wanita,” tulisnya.

Mengenai tuduhan plagiarisme, Senator Han mengatakan, “Saya dapat merasakan kesamaan antara lagu yang kalian klaim dengan gambar irama pengantar (pop disko tahun 80-an) dan progresi akor 4-bar (struktur 5-2-4-1), seperti bar ke-9 hingga ke-12 pada minggu sebelumnya dan garis chorus belakang wanita 4 detik di bar ke-3, namun jika kalian mengklaim dengan cara seperti itu, kalian bisa menyebut sebagian besar lagu di dunia sebagai ‘plagiat’.” “Melodi lagu ‘boo’ adalah 100% ciptaan saya dari awal hingga akhir,” katanya.

“Bada mengungkapkan penyesalan terdalamnya kepada YouTuber yang ‘dengan jahatnya membandingkan dan mengedit’ bagian yang sama pada minggu sebelumnya. Saya selalu siap untuk berkomunikasi dengan ‘pencipta lagu’ yang mengklaim plagiarisme terhadap lagu saya, jadi jika Anda adalah ‘pencipta lagu’ dari lagu tersebut, silakan hubungi saya,” tambahnya.

Sebelumnya, pada tanggal 8, seorang anggota masyarakat mengajukan keluhan terhadap IU ke Kantor Polisi Gangnam di Seoul, menuduh bahwa enam lagu IU, termasuk “Pink God,” “Good Day,” “Beep Beep,” “Poor,” “Boo,” dan “Celebrity,” menjiplak musik dari artis luar negeri dan dalam negeri.

Sebagai tanggapan, agensi IU, EDAM Entertainment mengatakan pada tanggal 12, “Kami telah menanggapi kekuatan yang terus menerus membuat tuduhan plagiarisme, rumor spionase yang tidak berdasar, dan fitnah seksual terhadap artis kami dengan memantau dan meminta penyelidikan selama berbulan-bulan, dan kami sangat terkejut karena beberapa di antara mereka mengajukan pengaduan kepada kami, menuduh melakukan plagiat,” ujar agensi.

Baca Juga :   Lee Jong Suk Terlihat menggunakan merchandise yang dirilis oleh pacarnya IU

“Penuduh tidak menuduh plagiarisme terhadap para komposer, tetapi hanya terhadap IU. Meskipun beberapa komposer telah mengatakan bahwa itu bukan plagiarisme, penuduh, pihak ketiga yang tidak ada hubungannya dengan hak cipta, secara tidak masuk akal menuduh hanya penyanyi, IU, untuk menodai citra artis.”

Berikut adalah teks lengkap dari postingan media sosial Han Sang-won :

Mengenai dugaan plagiarisme lagu saya yang berjudul ‘BOO’

1. Awal Mula Penulisan Lagu BOO

Pada tahun 2008, saya diminta untuk menulis lagu untuk IU, yang saat itu merupakan penyanyi baru, dan genre yang saya pilih adalah ’80-an female dance pop’, yang merupakan genre favorit saya.

Melihat IU, yang saat itu masih seorang mahasiswa, saya memikirkan ‘lagu dance dengan tema kisah cinta yang ceria dan imut’ dan menciptakan lagu tersebut dengan terlebih dahulu membuat ‘melodi gambar’ dari hook dan lirik inti ‘You’re my boo’ yang terinspirasi dari kata ‘boo’, dan kemudian menerapkan kesamaan irama dan aransemen ’80-an dance pop wanita’ (Ini sering disebut sebagai ‘referensi’).

Melodi nyanyian dari reff ‘You’re my boo’ dipinjam dari lagu IU yang lain, ‘Miri Mary Christmas’, dan menurut saya itu adalah alasan terbesar mengapa lagu ini sangat populer sehingga para ‘geek’ menyimpan bagian ini dan membuatnya menjadi sebuah lagu rap.

2. Penyuntingan silang ‘Jeonju’ yang jahat

Saya dapat melihat kesamaan antara lagu yang Anda klaim dengan citra ritmis pengantar (disko dance-pop tahun 80-an) dan progresi akor 4-bar (struktur 5-2-4-1) pada bagian pre-chorus (bar 9-12 – total 3 bar dan baris backing chorus wanita selama 4 detik), tetapi ketika Anda membuat klaim seperti ini, Anda bisa menyebut sebagian besar lagu di dunia sebagai ‘plagiat’.

(Sebagai contoh, dua lagu yang berbeda, Michael Jackson – ‘Billie Jean’ dan lagu yang menginspirasinya, Hall & Oates – ‘I can’t go for that’, memiliki irama pengantar dan tema bassline yang sama, tetapi hanya empat bar pengantar yang disunting secara silang secara singkat untuk membuat klaim ‘penjiplakan’).

Baca Juga :   Moment Kehangatan Park Eun Bin dan Song Hye Kyo di acara Baeksang ke-59

3. ‘Melodi’ lagu BOO yang dinyanyikan oleh IU, mirip dengan lagu apa?

Saya ingin menyatakan bahwa melodi lagu ‘BOO’ dari awal hingga akhir adalah 100% ciptaan saya. Saya terjaga sepanjang malam untuk berpikir dan mencoba menciptakan melodi yang lebih orisinil daripada lagu lain di dunia, dan itulah ‘BOO’.

Selain dari “melodi backing chorus” pada “3 bar dan 4 detik pertama” yang Anda klaim, apakah ada bagian dari lagu berdurasi 3:32 menit yang melodinya terdengar mirip? Jika ‘boo’ dibuat oleh arranger yang berbeda, dengan prelude dan MR yang berbeda, apakah Anda bisa mengklaim plagiarisme? Sama sekali tidak ada kemiripan antara melodi lagu tersebut dengan lagu yang Anda klaim.

‘boo’ diciptakan sebagai genre ’80-an female dance pop’, tetapi sebagai hasilnya, lagu ini adalah lagu yang menekankan pada genre funk rock dengan ‘riff gitar elektrik utama yang diulang pada minggu sebelumnya’ sebagai intinya, yang berbeda dengan lagu dance pop yang menekankan pada bass dan ritme lagu yang Anda klaim.

4. Sekali lagi, pengeditan dan propaganda yang jahat.

Kami ingin menyampaikan penyesalan kami yang terdalam kepada YouTuber yang ‘dengan jahat membandingkan dan mengedit’ bagian yang mirip dengan minggu sebelumnya. (Sebagai informasi, progresi (5-2-4-1) adalah progresi akor yang digunakan di banyak lagu, termasuk ‘Happy Me’ dari Echo).

5. Niat si penuduh, saya ingin tahu itu.

Apa maksud dari orang yang menuduh saya, komposer ‘BOO’? Saya selalu siap untuk berkomunikasi dengan ‘komposer’ lagu yang mengklaim plagiarisme terhadap saya, jadi jika Anda adalah ‘komposer’ lagu itu, silakan hubungi saya.

Selama 14 tahun sejak saya merilis ‘BOO’, saya tidak pernah dihubungi oleh ‘penulis lagu’ yang mengklaim bahwa ‘BOO’ menjiplak lagu mereka.