Slawipos.com – Siapa yang tak tahu Acara hiburan malam Metikan Pangkah? Ya semua orang khususnya wilayah Tegal pasti tahu semua. Metikan merupakan acara hiburan atau pesta rakyat yang diselenggarakan oleh PG Pangka. Yuk intip jadwal bazar dan festival rakyat yang ada di acara ini.

Acara hiburan malam metikan sekarang berganti nama menjadi Pekan Raya Pariwisata Pangkah (PRPP). Kegiatan ini dilaksanakan dilahan milik PG Pangka yang ada di Desa Pangkah Kec. Pangkah. Metikan Kembali Hadir Di Pangkah, Intip Jadwal Pasar Malam dan Festival Rakyat Ini.

Metikan diambil dari kata dasar petik, ,etikan sendiri merupakan sebuah acara hiburan malam pariwisata atau pesta rakyat yang digelar setiap tahunnya sebelum PG Pangka menjalankan giling tebu memproduksi gula.

Sejak jaman kolonial Belanda, acara hiburan malam metikan memang sudah digelar. Setiap menjelang musim giling pabrik gula, diadakan juga acara selamatan giling yang diiringi oleh hiburan pariwisata atau pesta rakyat untuk karyawan dan masyarakat sekitaran lokasi pabrik gula.

Baca Juga :   PC Fatayat NU Kabupaten Tegal Gelar Sosialisasi Bersama UNICEF

Biasanya Pekan Raya Pariwisata Pangkah (PRPP) atau metikan ini diadakan kurang lebih selama 15 hari pada sekitaran bulan April hingga bulan Mei setiap tahunnya. Namun untuk Festival Pekan Raya pangka (PRPP) kali ini akan dilaksanakan selama 3 minggu.

Semenjak ada pandemi Covid-19, acara metikan praktis ditiadakan selama hampir 3 tahun, acara hiburan atau pesta rakyat tersebut akan di adakan kembali mulai Tanggal 15 Juli–7 Agustus 2022.

Dari tim Kabar Tegal mencoba untuk mencari tahu acara tersebut, dan dari salah satu karyawan PG membenarkan akan adanya acara hiburan tersebut

Hiburan yang disediakan dalam Pekan Raya Pariwisata Pangkah (PRPP) atau metikan ini antara lain pasar malam yang menjual beraneka ragam seperti pameran Handicraft, aneka kuliner, fun games, produk UMKM, wahan permainan dan loko antik.

“Alhamdulillah, kalo memang ada acara tersebut lagi, kami bersyukur semoga nantinya daganganya laris” ucap Puryadi salah satu penjual gorengan didekat Agorwisata Loko antik.

Acara festival ini untuk masyarakat sekitar dan sering dijadikan sebagai ajang bisnis para pengusaha dan pedagang untuk menjual produk mereka, mulai dari obral pakaian, jajanan khas Tegal dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :   Wakapolres Tegal Ikuti Vicon Tentang Kewaspadaan Penyebaran PMK

Yang menjadi ciri khas dalam acara festival Pekan Raya Pariwisata Pangka PRPP, yakni banyaknya pedagang Martabak baik martabak manis maupun telur yang membuka lapak gerobak disepanjang jalan menuju areal metikan, pedagang perabot rumah tangga, mainan anak, komedi putar, biang lala, tong setan, karaoke, rumah hantu, dll.

Bahkan sekitar tahun 90-an, pemutaran hiburan film layar tancep masih booming dan Orkes Musik yang paling ditunggu-tunggu di acara metikan. Sekarang ini, hiburan untuk penutupan metikan digantikan oleh wayang kulit, wayang golek, band performance, bahkan organ tunggal.!

Dari sini metikan seperti sebuah magnet karena mampu menarik banyak pengunjung dari luar desa, luar kabupaten bahkan luar Kota Tegal.

Antusiasme pengunjung yang membludak setiap tahunnya ini yang mempuat panitia metikan menyediakan tempat berupa kapling-kapling yang disewakan sebagai stand pasar malam di sekitaran PG Pangka.

Tidak ketinggalan juga keamaan yang dipadu dari Aparat Pemerintah maupuan karang taruna seperti Polsek Pangkah, Koramil, Pamong Praja Kecamatan sampai Hansip demi kelancaran dan keamanan acara metikan.

Baca Juga :   Bupati Tegal Umi Azizah : Dispensasi Kawin Anak di Bawah Umur Hanyalah Pintu Darurat

Metikan tidak hanya diselenggarakan di Pangkah, namun juga di Jatibarang, Kabupaten Brebes dengan waktu pelaksanaan yang relatif berurutan. Sebagaimana kita ketahui, di Brebes juga mempunyai pabrikgula, PG Jatibarang, masih erat kaitannya dengan PG Pangka.