Ganjar Pranowo Ajari Siswa SMA dan SMK di Cilacap, Beri Motivasi dan Edukasi Era Digital

Ganjar Pranowo Ajari Siswa SMA dan SMK di Cilacap, Beri Motivasi dan Edukasi Era Digital

Slawipos.com – Ganjar Pranowo Ajari Siswa SMA dan SMK di Cilacap, Beri Motivasi dan Edukasi Era Digital, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengunjungi SMK Negeri 1 Binangun, Cilacap, Jumat (11/8/2023) siang. Dalam kunjungan tersebut, Ganjar tidak hanya meninjau fasilitas sekolah, tetapi juga mengajar ratusan siswa SMA dan SMK di sana. Ganjar menjadi guru sehari dan membahas berbagai isu terkait kemajuan teknologi, kesiapan menghadapi tantangan zaman, isu globalisasi, dan lainnya.

Ganjar disambut antusias oleh ratusan siswa yang sudah menunggu sejak pagi hari. Mereka tampak sangat senang dan tak sabar mendengarkan Ganjar, yang saat itu menjadi guru. Mereka juga berinteraksi dengan Ganjar, menyampaikan pertanyaan, pendapat, dan harapan mereka.

“Seneng banget hari ini bisa ketemu Pak Ganjar, dan Pak Ganjar menjadi guru kami. Banyak ilmu dan pengalaman yang beliau sampaikan, dan itu menjadi penyemangat kami untuk terus belajar,” kata Osya (17), siswa SMKN 1 Binangun.

Osya mengaku merasakan betul keberpihakan Ganjar selama menjabat Gubernur Jateng, khususnya dalam bidang pendidikan. Selama 10 tahun memimpin Jateng, Ganjar menginisiasi berbagai program pendidikan yang luar biasa.

Baca Juga :   Penghargaan Bangkom Jateng Award 2023 diberikan kepada ASN dan OPD

Misalnya, menginisiasi SMKN Jateng full boarding, dan semi boarding gratis untuk siswa miskin. Serta menggratiskan biaya SMA, SMK dan SLB Negeri di Jateng.

“Program pendidikan Pak Ganjar luar biasa. Saya merasakan betul, bagaimana saya sama sekali tidak mengeluarkan biaya untuk sekolah di sini. Tidak ada pungutan dan tidak ada iuran apapun, entah seragam, biaya pembangunan, dan lainnya. Artinya zero pungutan,” ujarnya.

Ganjar mengatakan kegiatan Gubernur Mengajar sudah dilakukan sejak awal menjadi Gubernur Jateng. Kegiatan itu ia gunakan untuk melihat bakat-bakat siswa di semua daerah, sekaligus sebagai tempat memberikan edukasi.

“Saya pingin melihat bakat-bakat siswa zaman sekarang ya. Di sekolah ini ada jurusan multimedia yang menurut saya bagus, banyak bakat-bakat yang muncul. Meskipun dari pelosok daerah, ternyata mereka anak-anak yang mengikuti perkembangan teknologi. Mereka punya bakat-bakat yang hebat,” katanya.

Tugas pemerintah, lanjut Ganjar, adalah menyiapkan para siswa agar siap menghadapi era digital, yang terus berubah dalam waktu yang cepat.

“Inilah Gen Z itu. Bahkan akhirnya kita harus menyiapkan dari pemerintah hilirisasi industri digital dengan industri kreatifnya. Di sinilah perlunya kemudian anak-anak disiapkan bakatnya, kemudian kita asah agar kemudian dia bisa mendapatkan posisi yang sangat bagus, profesional, dan sesuai bakat masing-masing,” pungkasnya.

Baca Juga :   Polda Jateng Respon Viralnya Tiga Tempat di Semarang Diduga Jadi Tempat Judi

Ganjar Pranowo merupakan gubernur pertama yang mengajar di sekolah-sekolah dalam kunjungan kerjanya. Ia sering melakukan hal ini untuk bersilaturahmi dengan siswa dan guru, serta memberikan motivasi dan inspirasi kepada mereka. Ia juga sering memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Program Gubernur Mengajar merupakan salah satu program unggulan Ganjar Pranowo. Program ini memberikan kesempatan kepada gubernur untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan siswa SMA dan SMK di Jawa Tengah. Program ini telah berjalan sejak 2013 dan telah mencakup ratusan sekolah di Jawa Tengah.