Penghargaan Bangkom Jateng Award 2023 diberikan kepada ASN dan OPD

Penghargaan Bangkom Jateng Award 2023 diberikan kepada ASN dan OPD

Slawipos.com – Penghargaan Bangkom Jateng Award 2023 diberikan kepada ASN dan OPD, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan arahan dan penghargaan kepada aparatur sipil negara (ASN), lembaga organisasi perangkat daerah (OPD), dan kepala daerah di Provinsi Jawa Tengah, yang berhasil melakukan pengembangan kompetensi (Bangkom) dengan baik. Acara ini digelar di Gedung Sasana Widya Praja, Kompleks BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Senin (14/8/2023).

Ganjar mengatakan bahwa ASN, OPD, dan kepala daerah harus menjadi inspirator pelaksanaan birokrasi yang bersih, berintegritas, dan berinovasi. Ia juga menekankan pentingnya meningkatkan kualitas dan inovasi dalam upaya reformasi birokrasi, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya berharap seluruh ASN, terus kemudian teman-teman yang memimpin OPD, dan kepala daerah, menjadi inspirator untuk mendorong seluruh ASN kita bisa berinovasi,” ujarnya.

Penghargaan Bangkom Jateng Award 2023 diberikan kepada ASN, OPD, dan kabupaten/ kota di Jawa Tengah, yang telah menunjukkan prestasi dalam bidang-bidang seperti pelayanan publik, ekonomi dan bisnis, pertanian organik, dan kesehatan. Ganjar mengapresiasi para penerima penghargaan dan berharap mereka dapat menjadi contoh bagi yang lain.

Baca Juga :   Jelang Purnatugas Atikoh Ganjar Pranowo Pamit dari TP PKK Jateng

“Ternyata luar biasa, Widyaiswaranya tiga perempuan semua juaranya. Lalu beberapa bupati/wali kota menjadi juara. Bagaimana mereka melakukan improvisasi agar layanan publiknya baik, karena ASN-nya baik. Inilah yang akan membawa dampak pada layanan publik, dan kemudian meningkatkan kualitas dalam pelayanan ini,” jelas gubernur.

Ganjar menyampaikan bahwa reformasi birokrasi di Provinsi Jawa Tengah kini jauh lebih baik. Buktinya, banyak daerah yang mendapatkan penghargaan di tingkat nasional. Meski demikian, dia tidak memungkiri, masih ada beberapa masalah di beberapa titik. Untuk itu, perbaikan selalu dilakukan setiap tahun agar masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik.

“Maka saya pesankan kalau mereka menjadi birokrat yang baik dan penuh integritas, maka itu sesuatu yang menjadi prestasi. Kalau ia bersih tidak perlu risih, dan kemudian ia bisa melayani dengan cepat. Itu yang ditunggu sebenarnya oleh masyarakat,” beber orang nomor satu di Jateng ini.

Kepala Lembaga Adminitrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, Adi Suryanto menghadiri acara tersebut dan mengatakan bahwa Provinsi Jawa Tengah adalah pionir dalam pengembangan kompetensi. Ia mengatakan bahwa Bangkom Jateng Award merupakan pelecut semangat yang patut diapresiasi. Ia juga menekankan pentingnya faktor leadership dalam menjaga komitmen reformasi birokrasi.

Baca Juga :   Ribuan Warga Brebes Khusyuk Selawat Bersama Habib Syech dan Ganjar Pranowo

“ASN dapat melakukan banyak hal, asal diberikan kesempatan dan kepercayaan. Lalu daerah dengan ASN yang baik pasti selalu memiliki pemimpin yang baik, salah satu contohnya di Provinsi Jawa Tengah ini. Faktor leadership menjadi sangat penting dalam menjaga komitmen,” katanya.

Adi menambahkan bahwa untuk mampu menciptakan reformasi birokrasi berdampak, maka seluruh ASN di Indonesia harus mau belajar. Tugas pemerintah adalah memfasilitasi dengan menyiapkan perangkat belajar itu.

“ASN harus mau belajar. Reformasi birokrasi berdampak ini ditujukan dalam beberapa hal, khususnya dalam dunia ekonomi dan bisnis akan berdampak pada bisnis yang bagus. Selain itu, kualitas pelayanan yang baik juga akan menaikkan kepuasan masyarakat kepada pemerintah atau birokrasi,” tuturnya.