Jateng Raih Penghargaan Penyalur KUR Terbaik Tiga Tahun Berturut-Turut

Jateng Raih Penghargaan Penyalur KUR Terbaik Tiga Tahun Berturut-Turut

Slawipos.com – Jateng Raih Penghargaan Penyalur KUR Terbaik Tiga Tahun Berturut-Turut, Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Provinsi Jawa Tengah dalam hal penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk kali ketiganya secara berturut-turut, Jateng berhasil mendapatkan penghargaan sebagai provinsi dengan strategi penyaluran KUR terbaik tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara KUR Award di Pos Bloc Jakarta, Rabu (9/8/2023). Turut hadir dalam acara itu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki.

Gubernur Ganjar menyampaikan terima kasih kepada Kemenko Perekonomian yang telah memberikan penghargaan tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, termasuk perbankan, yang telah menyukseskan program KUR di Jateng.

“Terima kasih tentu pada Kemenko Perekonomian, karena kita mendapatkan penghargaan tiga tahun berturut. Terima kasih juga pada kerja kawan-kawan yang cukup serius, sehingga penyaluran KUR di Jateng cukup besar, dan strateginya bagus,” katanya.

Baca Juga :   Belajar Desa Inklusi, Bupati Maros dan Jajarannya Temui Ganjar Pranowo

Meski begitu, Ganjar meminta semua pihak tidak berpuas diri. Semua harus ditingkatkan agar kehadiran pemerintah dirasakan betul oleh masyarakat.

“Sekarang kita mencoba untuk memastikan kembali, artinya sistem kita mapan, strategi kita benar, dan bagaimana kita membantu dan berpihak pada UMKM,” pungkasnya.

Selain Jateng, penghargaan kategori strategi penyaluran KUR terbaik juga diraih oleh Provinsi Jawa Timur sebagai juara kedua dan Provinsi Lampung sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk kategori inovasi penyaluran KUR terbaik, juara pertama diraih oleh Provinsi Jawa Barat, diikuti oleh Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bali.

KUR merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM dengan bunga rendah dan syarat mudah. Program ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan UMKM di Indonesia.

Berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kementerian Keuangan per Rabu (26/10/2022), nilai penyaluran KUR nasional mencapai Rp295,2 triliun. Nilai tersebut meningkat 4,2 persen jika dibandingkan 2021 sebesar Rp283,34 triliun.

Jateng menjadi provinsi dengan penyalur KUR terbesar se-Indonesia pada 2022, yakni dengan nilai penyaluran sebanyak Rp55,27 triliun. Jumlah ini menunjukkan komitmen dan kinerja pemerintah daerah dalam mendukung program KUR.

Baca Juga :   Ganjar Puji Kerja Sama dengan Wartawan Selama 10 Tahun Pimpin Jateng

Sebelumnya, pada 2019 dan 2021 Provinsi Jateng juga mendapatkan penghargaan provinsi penyalur KUR terbaik tingkat nasional. Penghargaan tersebut diterima Ganjar dari Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta.