Peserta Jambore Dunia dari Jateng Aman dan Bahagia di Korsel

Peserta Jambore Dunia dari Jateng Aman dan Bahagia di Korsel

Slawipos.com – Peserta Jambore Dunia dari Jateng Aman dan Bahagia di Korsel, Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo merasa lega setelah mendapat kabar terbaru tentang kondisi kontingen Indonesia yang mengikuti Jambore Dunia di Korea Selatan. Ia mengatakan, para pramuka dari Jateng yang menjadi bagian dari kontingen Indonesia sudah dievakuasi ke Wonkwang University Dormitory dan dalam keadaan aman, nyaman dan bahagia.

Atikoh menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Upacara Pelepasan Kontingan Daerah Jawa Tengah ke Raimuna Nasional XII tahun 2023, di Wisma Perdamaian, Rabu (9/8/2023). Ia mengatakan, evakuasi dilakukan oleh pemerintah Korsel sebagai langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem dan ancaman topan di lokasi perkemahan.

“Alhamdulillah kami sudah lega sekali, karena seluruh peserta, khususnya dari Indonesia itu, semua sudah dievakuasi ke Wonkwang University,” kata Atikoh.

Atikoh menuturkan, para peserta Jambore Dunia menempati Wonkwang University Dormitory. Istri Gubernur Ganjar Pranowo itu juga menerima laporan, seluruh anggota pramuka kontingen Indonesia, terutama dari Jawa Tengah, sudah bisa melaksanakan sarapan bersama.

Baca Juga :   Seminar Pekan ASI Sedunia digelar di Gedung Setda Kabupaten Kudus

“Dengan kondisi yang membahagiakan, jadi lebih adem, lebih terjadi keamanan dan kenyamanan, keselamatannya juga lebih terjamin,” ucapnya.

Atikoh mengapresiasi kebijakan pemerintah Korsel dengan mengevakuasi peserta Jambore Dunia. Atikoh mengatakan, kebijakan tersebut ditetapkan menyusul perkembangan cuaca di Korsel di mana diprediksi terjadi topan di lokasi perkemahan.

“Menurut saya ini langkah terbaik bagi peserta jambore untuk dievakuasi, dan Alhamdulillah meskipun dalam jangka waktu cukup cepat, pemerintah Korea Selatan memberikan kinerja yang cukup cepat dengan evakuasi,” ujarnya.

Terlepas dari cuaca ekstrem yang terjadi di Korsel, Atikoh mengatakan, berdasarkan laporan yang diberikan secara berkala, hingga saat ini kondisi anggota pramuka dari Jawa Tengah baik.

“Bahagia, mereka bahagia,” tandas Atikoh.

Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan diikuti lebih dari 40.000 orang dari 156 negara. Peserta jambore dari Indonesia mencapai 1.569 orang.

Jambore yang digelar sejak 1 Agustus 2023 ini dijadwalkan berakhir pada 12 Agustus 2023. Namun, karena cuaca panas ekstrem melanda, ditambah peringatan terjadinya angin Topan Khanun, peserta Jambore Pramuka ke-25 Dunia dievakuasi ke Wonkwang University Dormitory.