KPS Masdulkabi Desa Menuran Berlomba di Tingkat Nasional

KPS Masdulkabi Desa Menuran Berlomba di Tingkat Nasional

Sukoharjo – KPS Masdulkabi Desa Menuran Berlomba di Tingkat Nasional, Komunitas Peduli Sungai (KPS) Masyarakat Peduli Kali Baki (Masdulkabi) Desa Menuran Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo menjadi salah satu nominasi nasional dalam Evaluasi Kinerja dan Penguatan Kelembagaan KPS Tahun 2023. KPS Masdulkabi merupakan salah satu dari 95 KPS yang dibina oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Tim penilai dari pusat melakukan penilaian tahap II terhadap KPS Masdulkabi pada Rabu (30/8/2023). Tim penilai disambut oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan Ketua DPRD Wawan Pribadi, di lokasi KPS Masdulkabi.

Bupati Etik Suryani mengapresiasi keberadaan KPS Masdulkabi sebagai bentuk kepedulian masyarakat dalam menjaga kelestarian dan ekosistem sungai. Ia mengatakan, pemerintah tidak bisa sendiri dalam mengelola dan melestarikan sungai, tetapi membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“KPS Masdulkabi telah melakukan berbagai upaya konkret dalam pelestarian lingkungan, seperti penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan pemberdayaan masyarakat sekitar sungai. Saya berharap melalui lomba ini, KPS Masdulkabi dapat menjadi motivasi bagi desa lain dan dapat meraih prestasi di tingkat nasional,” ujar Etik.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Siapkan 7,1 Juta Liter Air Bersih untuk Daerah Terdampak Kekeringan

Kepala BBWSBS, Maryadi Utama mengatakan, evaluasi kinerja dan penguatan kelembagaan KPS dilakukan setiap tahun untuk mengukur keaktifan dan kreativitas KPS dalam menjalankan program-program pelestarian lingkungan. Ia mengatakan, KPS Masdulkabi merupakan salah satu KPS yang menunjukkan kinerja yang baik dan berhasil masuk nominasi nasional.

“Kami sangat mengapresiasi kerjasama dan komitmen semua komponen di Masdulkabi dan Desa Menuran dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya sungai. Kami berharap KPS Masdulkabi dapat menjadi contoh bagi KPS lain dan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” kata Maryadi.

Lomba Evaluasi Kinerja dan Penguatan Kelembagaan KPS Tingkat Nasional Tahun 2023 diikuti oleh 10 nominasi dari seluruh Indonesia. Pemenang lomba akan diumumkan pada bulan September 2023.