Jombor Run 2023, Ajang Olahraga dan Pariwisata di Klaten

Jombor Run 2023, Ajang Olahraga dan Pariwisata di Klaten

Slawipos.com – Jombor Run 2023, Ajang Olahraga dan Pariwisata di Klaten, Rowo Jombor, salah satu destinasi wisata di Klaten, menjadi lokasi penyelenggaraan Jombor Run 2023, Sabtu (5/8/2023) pagi. Ajang lari ini diikuti oleh ribuan pelari dari berbagai daerah, yang berlomba menyelesaikan rute sepanjang Rowo Jombor yang memiliki luas sekitar 198 hektare.

Jombor Run 2023 merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten, yang mengusung tema “Klaten Bersinar”. Peserta lari dibagi menjadi dua kategori, yaitu umum dan pelajar. Selain pelari lokal, ada juga pelari dari luar kota seperti Salatiga, Demak, hingga Sumatera yang turut meramaikan even ini.

Acara ini dibuka oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, yang juga memberikan semangat kepada para pelari. Bupati juga menyerahkan medali kepada finisher paling awal di setiap kategori. Bupati mengapresiasi penyelenggaraan Jombor Run yang dapat menggabungkan olahraga dan pariwisata di Klaten.

“Olahraga menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah, termasuk di Klaten. Penyelenggara Jombor Run ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan sekaligus mempromosikan Klaten,” ucapnya.

Baca Juga :   Bupati Klaten Dorong Masyarakat Japanan Kembangkan Potensi Lokal

Bupati berharap, even ini dapat terus diselenggarakan setiap tahun, untuk meningkatkan potensi pariwisata di Rowo Jombor dan sekitarnya. Ia juga mendorong cabang olahraga lainnya dapat berkembang dan menyelenggarakan event yang menjadi ikon Kabupaten Klaten.

“Saya harap daya tarik pariwisata di Klaten bukan hanya wisata alam, namun juga wisata olahraga. Sudah saatnya kita kembali membangkitkan berbagai cabang olahraga di Klaten,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten, Sri Nugroho mengatakan, Jombor Run merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan potensi wisata Rowo Jombor, yang merupakan salah satu ikon Kabupaten Klaten. Ia mengatakan, dengan adanya even ini, Rowo Jombor dapat menarik minat wisatawan dan investor untuk membangun kawasan wisata yang lebih baik.

“Tidak hanya mengembangkan potensi keolahragaan, tapi bisa mengangkat wisata Rowo Jombor dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Ke depan, even ini akan dikembangkan, agar penyelenggaraan lebih semarak,” ungkapnya.