Klaten Rayakan Hari Jadi ke-219 dan HUT ke-78 RI dengan Wayang Kulit

Klaten Rayakan Hari Jadi ke-219 dan HUT ke-78 RI dengan Wayang Kulit

KLATEN – Klaten Rayakan Hari Jadi ke-219 dan HUT ke-78 RI dengan Wayang Kulit, Pemerintah Kabupaten Klaten menggelar acara Pagelaran Wayang Kulit sebagai salah satu rangkaian perayaan Hari Jadi ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI. Acara ini berlangsung pada Jumat (1/9/2023) di Alun-alun Klaten dan dihadiri oleh ribuan masyarakat serta pejabat daerah.

Wayang Kulit adalah seni pertunjukan tradisional yang menggunakan boneka kulit sebagai media. Dalam acara ini, lakon yang dipentaskan adalah Srikandhi Tandang yang menceritakan kisah perjuangan Srikandhi, seorang tokoh wanita dalam wiracarita Mahabharata. Dalang yang membawakan lakon ini adalah Ki Bagonk Darmono, seorang dalang kondang asal Klaten.

Selain wayang kulit, acara ini juga dimeriahkan oleh beberapa bintang tamu yang menampilkan kesenian dan hiburan lainnya. Di antaranya adalah Petruk Sadebey, Bagong Glondor, Eka Kebumen, dan Uncek Sanusi. Mereka adalah para pelawak dan seniman yang terkenal dengan gaya humor dan kritik sosialnya.

Dalam acara ini, Bupati Klaten Sri Mulyani juga menyerahkan lebih dari 65 penghargaan dan kejuaraan lomba yang diadakan dalam rangka Hari Jadi ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI. Beberapa lomba yang digelar adalah Festival Dalang, Klaten Lurik Carnival, Karnaval Pembangunan, Sepak Bola, Festival Perahu Rakit, dan lain-lain. Selain itu, ada juga penghargaan untuk Kecamatan, Badan, Dinas, Industri Kecil Menengah (IKM), dan penyelenggara pelayanan publik yang berprestasi dalam keterbukaan informasi dan kinerja.

Baca Juga :   Reckyardo Mardian Dari Jepara Raih Emas Triathlon di Porprov Jateng

Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyelenggarakan dan mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi ke-219 Klaten dan HUT ke-78 RI. Ia mengatakan bahwa acara Pagelaran Wayang Kulit ini bukanlah acara penutup, melainkan masih ada beberapa event lain yang akan digelar hingga akhir tahun.

“Kita masih akan melanjutkan event-event lainnya untuk meningkatkan perekonomian UMKM agar semakin sejahtera. Nantinya masih ada Selawat bersama Habib Syech dan kegiatan Festival Reog,” ujar Sri Mulyani.***