Pertamina Siap Bangun Rumah Sakit, Hotel, dan Kampus di IKN Nusantara

Kantor Pertamina

Slawipos.com – Pertamina Siap Bangun Rumah Sakit, Hotel, dan Kampus di IKN Nusantara, PT Pertamina (Persero) berencana untuk membangun sejumlah fasilitas pendukung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi rumah sakit, hotel resor, dan kampus universitas vokasi.

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina A. Salyadi Saputra mengatakan bahwa pembangunan fasilitas-fasilitas tersebut sesuai dengan bidang usaha anak perusahaan Pertamina Group yang bergerak di bidang kesehatan, hospitality, dan pendidikan.

“Pembangunan kawasan terpadu di IKN dengan menggunakan konsep smart city forest sangat in-line dengan komitmen Pertamina untuk menjalankan bisnis dengan penerapan environmental, social dan governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina,” kata Salyadi dalam siaran persnya, Jumat (4/8).

Salyadi menjelaskan bahwa pembangunan rumah sakit akan dilakukan oleh PT Pertamina Bina Medika-IHC di atas lahan seluas 50 hektare. Rumah sakit ini akan memiliki ruang terbuka hijau sebesar 80 persen dari luas lahan. Selain itu, Pertamina Bina Medika-IHC juga akan membangun klinik yang ditargetkan bisa beroperasi tahun ini.

Baca Juga :   Kemenhub Tunggu Hasil Uji Coba Sebelum Terbitkan Izin Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung

“Untuk penanganan kesehatan lebih lanjut akan dirujuk ke RS Pertamina Balikpapan,” ujar Salyadi.

Untuk pembangunan hotel resor, Salyadi mengatakan bahwa PT Patra Jasa akan menggunakan material olahan bambu, rotan, dan kayu lokal sebagai bahan bangunan. Hotel resor ini ditargetkan bisa beroperasi tahun depan.

Sementara itu, untuk pembangunan kampus universitas vokasi, Universitas Pertamina akan membangun kampus modern dan berkonsep green building di atas lahan seluas 50 hektare. Kampus ini akan memiliki bangunan rektorat dan fakultas yang memiliki konsep tumbuh kembang serta fasilitas akomodasi bagi dosen dan mahasiswa.

“Kampus universitas akan menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing di era industri 4.0,” kata Salyadi.

Selain membangun fasilitas-fasilitas tersebut, Pertamina Group juga akan mengembangkan sarana transportasi melalui PT Pelita Air Service. Pelita Air Service akan membangun penghubung maskapai penerbangan atau hub kedua di Balikpapan yang akan dimulai prosesnya pada kuartal IV 2023.

“Pelita Air Service akan mengalokasikan lebih banyak pesawat Airbus A320 untuk didedikasikan beroperasi di hub Balikpapan guna melayani rute domestik termasuk destinasi-destinasi yang dihubungkan langsung dengan Balikpapan,” ucap Salyadi.

Baca Juga :   Kemenhub Pastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dilanjutkan ke Surabaya

Pelita Air sendiri sudah membuka rute penerbangan ke Kota Balikpapan dengan frekuensi 14 kali penerbangan dalam seminggu sejak 20 Maret 2023 dan akan terus menambah frekuensi penerbangan untuk memperkuat posisi Pelita air sebagai maskapai dengan konektivitas terbaik menuju IKN.

Salyadi mengatakan bahwa Pertamina Group terus melakukan koordinasi secara intens dengan pihak Otorita IKN untuk merealisasikan rencana-rencana tersebut. Ia berharap bahwa pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung di IKN dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah.

“Pertamina siap mendukung pembangunan IKN Nusantara sebagai ibu kota baru yang modern, maju, dan berwawasan lingkungan,” kata Salyadi.