Jalan Tol Gedebage – Cilacap Akan Terkoneksi ke Yogyakarta

Jalan Tol Getaci 2023

Slawipos.com – Jalan Tol Gedebage – Cilacap Akan Terkoneksi ke Yogyakarta, Ini Rencana Kementerian PUPR, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki rencana untuk membangun jalan tol yang menghubungkan Gedebage di Jawa Barat dengan Cilacap di Jawa Tengah, hingga Yogyakarta. Jalan tol ini dinamakan Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Getaci) dan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan bahwa rencana pembangunan Jalan Tol Getaci tertuang dalam masterplan. Ia mengatakan bahwa jalan tol ini akan dibangun secara bertahap, mulai dari Yogyakarta ke New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) Kulonprogo, sampai ke Gedebage.

“Memang dalam masterplan di jalur selatan Jawa Barat itu rencananya dibangun secara bertahap Jalan Tol Getaci dari Gedebage ke Tasikmalaya sampai Cilacap kemudian hingga ke Yogyakarta,” ujar Herry, dikutip dari Antara, Jumat (4/8).

Herry mengatakan bahwa saat ini pembangunan Jalan Tol Getaci sampai Ciamis sedang dalam persiapan lelang. Proyek Jalan Tol Gedebage – Ciamis ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Getaci yang membentang dari Gedebage sampai Cilacap.

Baca Juga :   Daftar Proyek Infrastruktur di IKN yang Sudah Dibangun, Progresnya Capai 29%

Jalan Tol Getaci sampai Ciamis ini berperan untuk menghubungkan Jaringan Jalan Tol Getaci dengan Jaringan Jalan Tol NYIA Kulonprogo – Yogyakarta – Solo.

Herry mengatakan bahwa pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah serta mendukung pariwisata di kedua provinsi tersebut. Ia juga mengatakan bahwa ada dua investor dari China dan beberapa investor lokal yang tertarik untuk ikut serta dalam proyek ini.

“Proyek ini berpotensi mendatangkan investasi asing sebesar US$2,1 miliar atau setara Rp33 triliun (asumsi kurs Rp15.723 per dolar AS). DME merupakan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan hemat biaya. DME juga bisa digunakan sebagai bahan baku industri kimia dan petrokimia,” ujar Herry.