Klaten Lurik Carnival 2023, Pamerkan Busana Pengantin dari Kain Lurik

Klaten Lurik Carnival 2023

Slawipos.com – Klaten Lurik Carnival 2023, Pamerkan Busana Pengantin dari Kain Lurik, Minggu (30/7/2023), Jalan Pemuda di Kabupaten Klaten dipenuhi oleh ribuan orang yang menyaksikan Pagelaran Klaten Lurik Carnival (KLC) 2023. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten, yang sempat ditiadakan selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

Bupati Klaten Sri Mulyani menjadi pusat perhatian saat tampil dengan kereta kencana, mengenakan busana kebaya lurik putih yang dipadukan hiasan lurik merah maroon dengan motif bunga. Ia didampingi oleh Forkopimda Klaten, yang juga mengenakan busana sorjan dan kebaya dengan motif lurik atau lurik batik berwarna coklat, dipadukan jarit lurik berwarna merah maroon.

KLC 2023 mengusung tema kostum “Pengantin” yang diikuti oleh 18 kontingen dari berbagai wilayah di Klaten. Para peserta menampilkan desain baju pengantin dari kain lurik khas Klaten, yang dikreasikan menjadi busana pengantin nan elegan. Selain itu, ada juga kostum-kostum khas karnaval, lengkap dengan sayap dan ornamen megahnya yang terbuat dari kain lurik.

Baca Juga :   Belajar dari Dekranasda Jateng, Belitung Timur Ingin Bawa UMKM Pameran ke Luar Daerah

Bupati Sri Mulyani mengatakan, KLC 2023 tidak hanya sebagai ajang hiburan, namun juga sebagai upaya untuk mendongkrak UMKM yang bergerak di produksi kain lurik. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan promosi bagi para perajin lurik di Kabupaten Klaten, serta menunjukkan bahwa kain lurik yang sederhana bisa menjadi begitu elegan dengan sentuhan kreativitas.

“Kita ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Kabupaten Klaten memiliki potensi besar di bidang kain lurik. Kita ingin mengangkat harkat dan martabat para perajin lurik, serta meningkatkan nilai ekonomi dari kain lurik,” ucapnya.