Kemenperin Gelar IHYA 2023, Dorong Penguatan Industri Halal Nasional

Agus Gumiwang Kartasasmita - Menteri Perindustrian foto 2023

Slawipos.com – Kemenperin Gelar IHYA 2023, Dorong Penguatan Industri Halal Nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2023, sebagai bentuk apresiasi dan dorongan bagi industri halal nasional. IHYA 2023 merupakan ajang penghargaan ketiga yang diselenggarakan oleh Kemenperin, dengan melibatkan seluruh ekosistem industri halal di tanah air.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, industri halal merupakan salah satu sektor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, seiring dengan perkembangan ekonomi syariah dan halal lifestyle. Indonesia, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, memiliki potensi besar untuk menjadi produsen halal terkemuka di dunia.

“Indonesia sudah sewajarnya menjadi tuan rumah bagi produk halal di negaranya sendiri sekaligus mengisi pasar dunia, bahkan menjadi pemain utama dalam kancah internasional sebagai produsen produk halal. Melalui penyelenggaraan IHYA 2023, diharapkan ekosistem industri halal dapat semakin terpacu untuk berkolaborasi dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai Produsen Halal Terkemuka di Dunia,” ujar Agus dalam acara Kick Off IHYA 2023 di Jakarta, Kamis (27/7).

Baca Juga :   Polres Magelang Ungkap Kasus Oknum Guru Ngaji Yang Hamili Muridnya

IHYA 2023 akan memberikan 21 penghargaan bagi para pelaku industri halal yang berinovasi dan berprestasi dalam berbagai kategori, seperti inovasi halal terbaik, program sosial kemasyarakatan terbaik, rantai pasok halal terbaik, industri kecil terbaik, kawasan industri halal terbaik, ekspansi ekspor terbaik, program halal terbaik, dan dukungan finansial halal terbaik.

“Kami terus berupaya agar penghargaan ini dapat merangkul seluruh ekosistem industri halal, sehingga beberapa penyesuaian pada kategori serta turunannya dilakukan agar seluruh stakeholder halal dapat turut berpartisipasi,” kata Agus.

Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika menyampaikan bahwa proses penyelenggaraan IHYA 2023 akan dilakukan secara online melalui ihya.kemenperin.go.id. Registrasi peserta akan dibuka hingga 25 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB.

Selain itu, Kemenperin juga mengadakan lomba kreasi konten berupa foto, video dan poster dengan tema Proses Produksi Industri Halal. Lomba ini bertujuan untuk memeriahkan IHYA 2023 dan meningkatkan awareness dan pemahaman publik terhadap industri halal nasional.

“Informasi selengkapnya dapat dilihat pada laman Instagram @industrihalalindonesia,” ujar Kepala Pusat Pemberdayaan Industri Halal Kementerian Perindustrian, M. Ari Kurnia Taufik.