Modus Baru Pencurian Motor Di Brebes, Pura-pura Menuntun di Tempat Keramaian

Roda depan motor cakram

Slawipos.com – Modus Baru Pencurian Motor Di Brebes, Pura-pura Menuntun di Tempat Keramaian, Polres Brebes berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor yang dilakukan dengan modus baru. Pelakunya berpura-pura menuntun sepeda motor yang terparkir sembarangan di tempat keramaian.

Dua pelaku yang ditangkap adalah M Fadil, 33, dan Zamroni, 43, warga Kelurahan Pasarbatang Kabupaten Brebes. Keduanya nekat mencuri sepeda motor karena terjerat pinjaman online (Pinjol).

Kasus ini terbongkar setelah ada laporan polisi dari Desi Afriyani, 36, ibu korban pencurian sepeda motor yang berprofesi menjual mi ayam. Korban kehilangan sepeda motornya saat menghadiri acara Sahabat Ganjar Pranowo di kompleks GOR Sasana Krida Adi Karsa.

Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes yang dipimpin Aiptu Titok Ambar Pramono langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran. Akhirnya, kedua pelaku berhasil dibekuk saat sedang menunggu pembeli untuk Cash On Delivery (COD) di daerah Yomani Kabupaten Tegal, Minggu 23 Juli 2023.

Ketua KPU Kota Tegal Elvy Yuniarni mengatakan, kedua pelaku sudah dua kali beraksi dengan modus yang sama. Selain di acara Sahabat Ganjar Pranowo, mereka juga mencuri sepeda motor di Festival Bawang Merah Brebes di Islamic Centre.

Baca Juga :   Polres Brebes melakukan patroli besar-besaran di beberapa titik jalan di wilayah Kabupaten Brebes

“Bersama teman, saya mengincar sepeda motor yang ditinggal pemiliknya parkir sembarangan. Caranya, memastikan tak dikunci stang sehingga kami tuntun dan dorong pakai motor untuk kabur,” pengakuan M Fadli saat dimintai keterangan, Rabu 26 Juli 2023.

Menurut M Fadli, ia semula tak berniat ikut mencuri sepeda motor. Namun, karena ditagih pinjol dan diajak teman, akhirnya ikut mencuri. Ia dan temannya hanya bermodalkan kelengahan pemilik motor dan tidak curiga oleh orang lain.

Sementara itu, Desi Afriyani mengaku bersyukur karena sepeda motornya berhasil ditemukan oleh Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes dalam waktu kurang dari tiga hari. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolres beserta jajarannya.

“Teruntuk pak Kapolres dan seluruh jajarannya, saya sebagai warga Brebes sangat berterima kasih. Karena laporan kehilangan sepeda motor, cepat tertangani dan bisa diambil secara gratis,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq mengatakan, pihaknya telah membentuk tim khusus pencegahan geng motor dan kejahatan jalanan lainnya yang bernama Timsus Kalong. Tim ini bertugas untuk mencegah dan mengantisipasi semua bentuk kejahatan jalanan.

Baca Juga :   Ganjar Tinjau Proyek Puskesmas di Brebes, Ingatkan Pentingnya Integritas dan Antikorupsi

“Sehingga, Timsus Kalong akan memperketat patroli menyisir semua titik rawan kejahatan jalanan. Kepada masyarakat, dihimbau untuk lebih berhati-hati dan waspada saat parkir kendaraannya dan tidak sembarangan,” pungkasnya.