Menkominfo Targetkan BTS 4G Rampung Tahun Ini, Jokowi: Jangan Terbengkalai

Menkominfo Targetkan BTS 4G Rampung Tahun Ini

Slawipos.com – Menkominfo Targetkan BTS 4G Rampung Tahun Ini, Jokowi: Jangan Terbengkalai. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi berkomitmen untuk menyelesaikan proyek pembangunan base transceiver station (BTS) 4G di daerah terdepan dan tertinggal pada tahun ini. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menilai proyek tersebut penting untuk meningkatkan pelayanan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di Indonesia.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (20/7/2023), Budi mengatakan bahwa pihaknya sedang mengidentifikasi permasalahan yang menyebabkan proyek BTS 4G terhambat. Ia juga akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk mendapatkan pengawalan hukum.

“Kalau soal BTS harus dilanjutkan, harus terwujud. Dan kita menargetkan tahun ini bisa tuntas. Selambat-lambatnya tahun ini bisa tuntas semuanya,” ujar Budi.

“Kita terus melakukan identifikasi masalah koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Senin kita akan koordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk melakukan pengawalan,” tambahnya.

Budi menegaskan bahwa proses hukum yang menjerat Menkominfo sebelumnya tidak boleh mengganggu jalannya proyek BTS 4G. Ia mengatakan bahwa proyek tersebut merupakan hak rakyat untuk mendapatkan sinyal bandwidth yang baik.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Ajak Tingkatkan Optimisme dalam Pengendalian Inflasi

“Karena proses hukum, biarkan. Tapi program BTS ini harus terus berjalan karena ini soal hak rakyat memperoleh sinyal bandwidth untuk rakyat,” tegasnya.

Sebelumnya, Jokowi telah memberikan tugas utama kepada Budi Arie Setiadi saat melantiknya sebagai Menkominfo pada Senin (17/7). Jokowi menginginkan agar proyek BTS 4G segera diselesaikan meskipun ada kasus korupsi yang melibatkan Menkominfo sebelumnya.

“Pertama, Kominfo itu penyelesaian BTS itu harus diutamakan. Penyelesaian hukum, silakan berjalan, kita hormati proses hukum. Tapi penyelesaian BTS-nya juga harus tetap berjalan karena menyangkut pelayanan di daerah terdepan dan tertinggal,” kata Jokowi.

“Jangan sampai kita sudah, apa itu… ada peristiwa hukum, BTS-nya juga terbengkalai. Ini yang saya nggak mau, tugas beratnya di situ,” lanjutnya.

Jokowi juga menekankan pentingnya perhatian terhadap perkembangan ICT, termasuk perlindungan dan kedaulatan data, kecerdasan buatan (AI), dan satelit. Ia berharap Budi Arie Setiadi dapat bekerja sama dengan Wakil Menteri Kominfo untuk menuntaskan semua hal yang berkaitan dengan ICT.

“Kemudian kedua kecepatan perubahan dunia ini sekarang ditentukan oleh ICT. Oleh sebab itu, ini juga kita perkuat dengan Wamen agar yang berkaitan dengan kedaulatan data yang berkaitan dengan AI yang berkaitan dengan satelit semuanya bisa segera dirampungkan dan dituntaskan,” ucap Jokowi.