Kementerian PUPR RI Bangun Dua Jalan Kabupaten di Blora Selatan

Kementerian PUPR RI Bangun Dua Jalan Kabupaten di Blora Selatan

Slawipos.com – Kementerian PUPR RI Bangun Dua Jalan Kabupaten di Blora Selatan, Dua ruas jalan kabupaten yang menghubungkan beberapa kecamatan dan desa di Blora Selatan, yakni Jalan Temulus (Randublatung) – Sumber (Kradenan) dan Jalan Wulung (Randublatung) – Klatak (Jati), saat ini sedang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Pembangunan jalan ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui program Inpres Jalan.

Bupati Blora Arief Rohman mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono atas bantuan pembangunan jalan tersebut, yang nilainya mencapai hampir Rp50 miliar. Ia mengatakan, dua jalan kabupaten itu sudah rusak bertahun-tahun dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, berkat dukungan pusat, akhirnya Temulus – Sumber dan Wulung – Klatak lolos mendapatkan anggaran pembangunan tahun ini. Kemarin (14/8/2023), kita tinjau langsung ke lapangan untuk melihat pembangunan dari Temulus,” kata bupati saat dihubungi, Selasa (15/8/2023).

Bupati berharap, pembangunan jalan tersebut dapat selesai tahun ini dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Ia juga menyampaikan, pihaknya sedang berupaya agar ruas jalan Randublatung – Getas – Batas Ngawi dan Cabak – Bleboh dapat ikut mendapatkan bantuan Inpres Jalan tahap selanjutnya.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Melaksanakan Sambang Dan Door to door system

“Untuk Randublatung – Getas tembus batas Ngawi, kemarin saya langsung telpon Pak Pratikno Mensesneg, dan beliau langsung menghubungi Pak Basuki Menteri PUPR. Insyaallah, akan masuk prioritas Inpres Jalan tahap selanjutnya. Kami optimis, tahun depan bisa dibangun,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Blora Samgautama Karnajaya menjelaskan, pihaknya telah mengajukan lima ruas jalan kabupaten yang rusak agar dapat bantuan anggaran Inpres. Namun pada tahap awal, baru Temulus-Sumber dan Wulung-Klatak yang disetujui.

“Paket pekerjaannya bernama rekonstruksi Jalan Wulung Klatak cs. Termasuk pekerjaan gorong-gorong ada tujuh titik. Sedangkan Temulus – Sumber, panjang pekerjaan rigid 4.413 meter x 6 meter, gorong-gorong ada lima titik, dan U ditch 840 meter,” jelasnya.

Salah satu warga Desa Temulus Muhtarom menyatakan bersyukur dan mengapresiasi pembangunan jalan di desanya tersebut. Ia mengatakan, jalan itu sudah lama sekali rusak parah dan belum tersentuh pembangunan selama sekitar 10 tahun.

“Alhamdulillah sekarang terealisasikan dengan Inpres. Semoga bisa memperlancar akses transportasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.