Ribuan Sertifikat Tanah Hangus Terbakar di Kantor BPN Brebes, Ini Penjelasan Kepala BPN

Api Lalap Kantor BPN Brebes, Ribuan Sertifikat Tanah Siap Serah Terbakar

Slawipos.com – Ribuan Sertifikat Tanah Hangus Terbakar di Kantor BPN Brebes, Ini Penjelasan Kepala BPN, Sebuah kebakaran hebat melanda kantor Badan Pertahan Negara (BPN) Brebes, Jawa Tengah, pada Jumat 14 Juli 2023 dini hari. Api yang berkobar menghanguskan bangunan kantor dan ribuan dokumen sertifikat tanah yang sudah siap dibagikan kepada masyarakat.

Kepala BPN Brebes Siyamto mengatakan, ada sekitar 6 ribu sertifikat yang terbakar akibat kebakaran tersebut. Namun, ia meminta masyarakat untuk tidak panik karena sertifikat tersebut masih bisa dicetak kembali.

“Yang terbakar hanya bentuk fisik saja. Secepatnya akan dilakukan pencetakan karena sudah ada didata elektronik. Jadi kami minta masyarakat tidak perlu panik atas musibah yang menimpa kami,” ujar Siyamto.

Ia menambahkan, pihaknya akan berusaha untuk segera menyelesaikan proses pencetakan sertifikat yang terbakar dan menyerahkannya kepada masyarakat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Siyamto juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penanganan kebakaran, seperti pemadam kebakaran, polisi, dan masyarakat sekitar.

Baca Juga :   Warga Brebes Krisis Air Bersih di Kemarau 2023, Terpaksa Pakai Air Irigasi yang Keruh

“Kami berterima kasih atas bantuan dan dukungan dari semua pihak. Kami berharap kejadian ini tidak mengganggu pelayanan kami kepada masyarakat,” kata Siyamto.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran di kantor BPN Brebes. Ia mengatakan, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi dan memasang garis polisi di lokasi kejadian.

Ia juga berkoordinasi dengan laboratorium forensik Polda Jateng untuk mengidentifikasi sumber api.

“Kami belum memastikan penyebab terjadinya kebakaran. Tim Labfor Polda Jateng, siang ini (Jumat), akan melakukan identifikasi untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran,” kata Guntur.

Ia berharap, hasil identifikasi tim Labfor Polda Jateng bisa mengungkap penyebab pasti kebakaran yang merugikan pihak kantor BPN Brebes.