Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang akan beroperasi pada Agustus 2023

Jelang Uji Coba 15 Mei, Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dijaga Ketat

Slawipos.com – Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang akan beroperasi pada Agustus 2023, Keberlanjutan operasi kereta Argo Parahyangan menjadi pertanyaan menyusul akan beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Agustus 2023.

PT KAI (Persero) menyatakan, masih terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait. Saat ini pihaknya fokus memberikan pelayanan termasuk mengoperasikan Argo Parahyangan yang sampai dengan sekarang tetap melayani masyarakat.

Tarif menjadi salah satu pertimbangan masyarakat dalam memilih moda transportasi. Meski tarif kereta cepat belum dirilis, namun sejumlah pejabat telah memberikan ‘bocoran’. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut kisaran harga kereta cepat mendekati angka Rp 300 ribu. Kereta Cepat gratis tiga bulan.

Rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang akan beroperasi pada Agustus 2023 mendatang adalah sebagai berikut:

  1. Stasiun Halim yang terletak di Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur akan menjadi stasiun pertama pemberangkatan KCJB.
  2. Stasiun Karawang, akan menjadi pemberhentian pertama KCJB. Letaknya berada di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.
  3. Stasiun Padalarang, akan menjadi stasiun pemberhentian kedua KCJB.
  4. Stasiun Tegalluar.
Baca Juga :   Slamet Edy Purnomo Resmi Dilantik Jadi Anggota BPK RI

Berdasarkan informasi yang saya temukan, waktu tempuh Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Jakarta ke Bandung memakan waktu sekitar 36-45 menit. Jika perjalanan dilakukan secara langsung tanpa berhenti di setiap stasiun, maka waktu tempuhnya hanya 36 menit. Namun, jika dengan kondisi perjalanan berhenti di setiap stasiun, hanya butuh waktu 46 menit dari Jakarta sampai Bandung.