Jawa Tengah Raih Gelar Provinsi Paling Inovatif, Ini Rahasianya!

Jawa Tengah Raih Gelar Provinsi Paling Inovatif

Jakarta – Jawa Tengah Raih Gelar Provinsi Paling Inovatif, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil menyabet gelar provinsi paling inovatif dalam ajang Innovative Government Award 2023. Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, di Sasana Bhakti Praja Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Nana mengaku bangga dan bersyukur atas penghargaan yang diterima. Ia mengatakan, ini merupakan bukti bahwa pemerintah pusat mengakui kinerja dan kreativitas pemerintah daerah di Jawa Tengah.

“Kami sangat berterima kasih atas apresiasi ini. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat,” kata Nana.

Nana menjelaskan, ada beberapa faktor yang membuat Jawa Tengah menjadi provinsi paling inovatif. Salah satunya adalah adanya lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova), yang menjadi wadah bagi masyarakat untuk berkreasi dan berkontribusi bagi pembangunan daerah.

“Kami memiliki program Krenova, yang merupakan lomba inovasi yang melibatkan masyarakat. Dari program ini, kami mendapatkan banyak ide dan solusi yang bermanfaat bagi daerah. Tahun ini, kami melaporkan 204 inovasi ke Kemendagri, yang berasal dari inovasi perangkat daerah dan inovasi masyarakat,” ungkap Nana.

Baca Juga :   Polisi Berupaya Ungkap Kronologi Penembakan Habib Bahar bin Smith oleh OTK

Nana menambahkan, inovasi-inovasi yang dihasilkan tidak hanya sekadar prestasi, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah. Ia mencontohkan, ada inovasi di bidang pertanian, kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan lain-lain, yang membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

“Kami berharap, inovasi-inovasi ini bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain, dan juga bisa menjadi model bagi pemerintah pusat dalam membuat kebijakan yang progresif dan responsif,” harap Nana.

Tidak hanya provinsi, enam kabupaten di Jawa Tengah juga mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten terinovatif. Keenam kabupaten tersebut adalah Wonogiri, Sragen, Temanggung, Boyolali, Blora dan Klaten. Nana mengapresiasi kinerja dan kreativitas para bupati dan jajarannya, yang telah membawa nama baik Jawa Tengah di tingkat nasional.

“Selamat kepada para bupati dan jajaran yang telah meraih penghargaan ini. Ini menunjukkan bahwa Jawa Tengah adalah provinsi yang kaya akan inovasi dan kreativitas. Semoga ini menjadi semangat bagi kita semua untuk terus berinovasi dan berkarya bagi daerah dan bangsa,” pungkas Nana.***