Hanya 10% Bacaleg DPR RI 2024 Lolos Verifikasi KPU, Sisanya Harus Perbaiki Dokumen

Hanya 10% Bacaleg DPR RI 2024 Lolos Verifikasi KPU, Sisanya Harus Perbaiki Dokumen

Slawipos.com – Hanya 10% Bacaleg DPR RI 2024 Lolos Verifikasi KPU, Sisanya Harus Perbaiki Dokumen, KPU menyampaikan hasil verifikasi administrasi bacaleg DPR RI 2024 Jakarta. Dari 10.323 calon yang diajukan oleh 18 parpol peserta pemilu, hanya 1.063 atau 10,19% yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dokumen persyaratan pencalonannya.

Sementara itu, 9.260 bacaleg dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) dan harus melakukan perbaikan dokumen. Ada juga 300 bacaleg yang berdata ganda.

“Kami beri kesempatan perbaikan dokumen dari tanggal 26 Juni sampai 9 Juli 2023. Setelah itu, kami akan melakukan verifikasi administrasi perbaikan dokumen dari tanggal 10 Juli sampai 6 Agustus,” kata Komisioner KPU Idham Holik.

Idham menjelaskan, ada 12 ribu hektare lahan persawahan yang teraliri pasokan air dari Waduk Malahayu, melalui 3 daerah irigasi (DI). Yakni DI Jengkelok, DI Kabuyutan dan DI Babakan.

Tiga DI itu, nantinya untuk mengairi lahan persawahan di Kecamatan Banjarharjo, Ketanggungan, Kersana, Tanjung, Bulakamba dan Kecamatan Losari.

“Agar bisa memenuhi ketiga DI itu otomatis harus dilakukan penggiliran. Untuk memenuhi kebutuhan sampai wilayah Utara maka diperlukan gilir dan kawal air,” jelasnya.

Baca Juga :   Progres Terbaru Pembangunan Jalan Trans Papua Mei 2023

Idham menambahkan, permintaan air dari Waduk Kuningan untuk mengairi lahan persawahan di Kabupaten Brebes belum bisa terpenuhi karena ada kendala teknis.

“Masih dalam tahap uji coba. Mulai dari jaringan, kapasitas debit air, sampai mekanisme pembagian dan pengaliran air,” ujarnya.