Slawi  

Polres Tegal Kota Bersihkan Tempat Ibadah dan Makam Mbah Panggung yang Jadi Wali Penyebar Islam

Polres Tegal Kota Bersihkan Tempat Ibadah dan Makam Mbah Panggung yang Jadi Wali Penyebar Islam

Slawipos.com – Polres Tegal Kota Bersihkan Tempat Ibadah dan Makam Mbah Panggung yang Jadi Wali Penyebar Islam, Polres Tegal Kota menggelar kegiatan bersih-bersih tempat ibadah dan makam Mbah Panggung yang terletak di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu (17/6/2023) pagi sebagai bentuk kepedulian Polres Tegal Kota terhadap tempat-tempat bersejarah dan bernilai religius.

Mbah Panggung adalah salah satu wali yang dikenal sebagai penyebar Islam di wilayah Kota Tegal sebelum Kota Tegal berdiri. Nama aslinya adalah Syekh Abdurrahman. Ia berasal dari Jazirah Arab dan tinggal di sebuah pulau karang yang menjulang tinggi di tengah laut, sehingga disebut Mbah Panggung. Ia hidup pada abad ke-4 hingga 6 dan memiliki banyak murid.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan, kegiatan bersih-bersih tempat ibadah dan makam Mbah Panggung ini merupakan bagian dari program Polri Peduli. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kerukunan antarumat beragama. “Kami ingin memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya dalam hal kebersihan dan keindahan tempat ibadah dan makam Mbah Panggung,” kata Rita.

Baca Juga :   Dojo Karate Kim Bushido Tegal Juara Umum di Wiharto Cup Tingkat Jateng

Rita menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada Mbah Panggung yang telah berjasa dalam menyebarkan Islam di Kota Tegal. Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan menghargai sejarah dan nilai-nilai Islam yang dibawa oleh Mbah Panggung. “Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan menghargai sejarah dan nilai-nilai Islam yang dibawa oleh Mbah Panggung,” ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih tempat ibadah dan makam Mbah Panggung ini diikuti oleh sekitar 50 personel Polres Tegal Kota, baik dari satuan fungsi maupun satuan kerja. Mereka membersihkan halaman masjid, mushola, gereja, vihara, serta makam Mbah Panggung dan murid-muridnya. Mereka juga memotong rumput, menyapu sampah, membersihkan saluran air, dan mengecat pagar.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar, khususnya juru kunci makam Mbah Panggung, Hasan Mutamimi. Ia mengucapkan terima kasih kepada Polres Tegal Kota yang telah peduli dengan kebersihan dan keindahan makam Mbah Panggung. Ia juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk ikut menjaga tempat-tempat bersejarah dan bernilai religius.

Baca Juga :   Polres Tegal Kota Tabur Bunga di TMP Jelang Hari Bhayangkara ke-77

“Terima kasih kepada Polres Tegal Kota yang telah peduli dengan kebersihan dan keindahan makam Mbah Panggung. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk ikut menjaga tempat-tempat bersejarah dan bernilai religius,” kata Hasan.