Slawi  

Polres Tegal Kota Gelar Simulasi Pengamanan Markas, Latih Kesiapan Personel

Polres Tegal Kota Gelar Simulasi Pengamanan Markas, Latih Kesiapan Personel

Slawipos.comPolres Tegal Kota Gelar Simulasi Pengamanan Markas, Latih Kesiapan Personel, Polres Tegal Kota mengadakan simulasi sistem pengamanan markas Polri (Sispam Mako) di Mapolres Tegal Kota, Sabtu (12/8/2023). Simulasi ini melibatkan seluruh personel Polres, mulai dari pejabat utama hingga staf. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk meningkatkan kesiapan dan keseragaman personel dalam menghadapi situasi kontinjensi.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi mengatakan, simulasi ini dilakukan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Ia mengatakan, personel harus mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka dalam pengamanan markas, serta menempatkan diri sesuai dengan zona yang telah ditentukan.

“Sispam Mako kita simulasikan, agar personel mengetahui harus berbuat apa, menempatkan dirinya dimana dan bertanggung jawab kepada siapa. Sehingga seluruh personel selalu siap dalam bertugas sesuai dengan tingkat ancaman yang mungkin terjadi,” kata Kapolres.

Simulasi dimulai dengan situasi normal, di mana personel bertugas seperti biasa. Kemudian, terdengar bunyi lonceng dan suara alarm yang menandakan adanya ancaman dari massa yang akan berbuat anarkis. Seluruh personel kemudian berkumpul di halaman Mapolres untuk mendapatkan arahan dari pimpinan. Setelah itu, mereka menyisir dan mengamankan area markas sesuai dengan zona masing-masing.

Baca Juga :   Kecepatan Kereta Api Cirebon - Tegal Akan Ditingkatkan, Pintu Perlintasan Masih Jadi Masalah

Simulasi berlanjut hingga situasi kembali aman dan kondusif. Kapolres mengatakan, simulasi ini juga bertujuan untuk melatih keterampilan dan kecepatan personel dalam bertindak. Ia berharap, simulasi ini bisa meningkatkan profesionalisme dan kinerja personel Polres Tegal Kota.

“Simulasi ini juga untuk melatih personel agar lebih sigap dan cekatan. Selain itu juga untuk menyatukan persepsi atau keseragaman dalam pengamanan markas Polres Tegal Kota. Sehingga personel tidak melakukan kesalahan atau berbuat yang tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),” pungkas Kapolres.