Slawipos.com – SMP Negeri 1 dan 2 Kramat Tegal Gelar HUT Bersamaan, SMP Negeri 1 dan 2 Kramat, Kabupaten Tegal memang unik. Hari Ulang Tahun (HUT) kedua sekolah tersebut bersamaan.

Sejatinya, SMP Negeri 1 Kramat yang lebih dulu lahir. Tapi ternyata, keduanya lahir di tanggal dan tahun yang sama yakni pada 7 November 1983.

Dan kebetulan, kedua sekolah itu saat ini dipimpin oleh seorang wanita tangguh yaitu, Hening Haryanti, SPd, MPd. Sehingga HUT kali ini digelar bersamaan.

Di SMPN 1 Kramat, Hening-sapaan akrabnya- didaulat sebagai Kepala Sekolah Penggerak definitif. Sedangkan di SMPN 2 Kramat sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Menurut Hening, momen HUT ke 39 di dua sekolah itu digelar sangat meriah pada Senin 7 November 2022. Tiap sekolah memeriahkan acara HUT dengan agendanya masing-masing. Semarak HUT juga diwarnai dengan pembagian hadiah doorprize kepada peserta didik.

“Jadi kisahnya begini, kedua sekolah itu pendirian dan izin operasionalnya memang sama. SK dari Depdikbud RI yaitu tertanggal pada 7 November 1983. Karena itulah, HUT di tahun ini kita gelar bersamaan,” kata Hening, saat ditemui di SMPN 1 Kramat.

Baca Juga :   Tenaga Harian Lepas di Kabupaten Tegal Terancam Tidak Menerima Honor Bulanan

Di sekolah tersebut, perayaan HUT diawali dengan upacara dan doa bersama seluruh siswa, guru dan staff. Setelah itu, dilanjutkan dengan pelepasan 39 balon ke udara oleh kepala sekolah.

Menurut Hening, jumlah balon yang dilepas disesuaikan dengan usia sekolah yakni ke 39 tahun.

Semarak HUT kali ini juga dimeriahkan dengan karnaval. Rute karnaval dimulai dari sekolah menuju ke Perumahan Mejasem, lalu ke Desa Mejasem Timur hingga ke wilayah Kelurahan Dampyak.

Para peserta karnaval juga mendapatkan kupon untuk diundi. Adapun, hadiah utamanya yakni 4 sepeda gunung, dispenser, kipas angin dan puluhan doorprize lainnya.

Khusus untuk sepeda gunung di SMPN 1 Kramat diraih oleh Dwi Tegar Nurizazi kelas 9F, Annur Khurahman kelas 7I, Dava Ilham Setiawan kelas 8H dan Wahyu Triwanto kelas 9G.

“Ketika pembagian doorprize, beberapa siswa kami juga ada yang menampilkan keahliannya di atas panggung. Ada yang menyanyi, menari dan hadroh,” kata Hening, di sela-sela acara.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menghadirkan Dra Wuninggar dari kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A dan P2KB) Kabupaten Tegal guna memberikan sosialisasi kepada anak didiknya tentang Anti Perundungan.

Baca Juga :   Polres Tegal Melaksanakan Bakti sosial Kepada warga Penyandang Disabilitas

Menurut Hening, suksesnya acara tersebut juga tidak luput dari dukungan mitra kerja sekolah. Yaitu, Bank BPD Jateng, Bank TGR, Bank Pasar, Happy Tour, SMK Mutu Kota Tegal, SMP Ikhsaniah Kota Tegal, IKA Alumni Sakra dan Komite SMP N 1 Kramat.

“HUT di SMPN 1 Kramat ini diakhiri dengan pembukaan kegiatan Proyek 2 untuk kelas 7 dengan tema Kearifan Lokal melalui ketrampilan Ecoprint,” sambung Hening.

Hening menjelaskan, Ecoprint itu merupakan kegiatan ketrampilan membuat batik alami. Mulai dari proses pembuatan, promosi hingga teknik pemasarannya.

“Rencana kegiatan itu akan dilaksanakan dua minggu ke depan oleh seluruh siswa kelas 7,” ujarnya.

Sementara di SMP N 2 Kramat, lanjut Hening, HUT ke-39 dimeriahkan dengan menggelar berbagai perlombaan dan kegiatan. Antara lain, lomba bola voli, karaoke, fashion show, jalan sehat, temu kangen alumni dan bazzar.

Kegiatan itu dilaksanakan selama 4 hari. Mulai Jumat (4/11) hingga Senin (7/11).

“Di SMPN 2 Kramat juga bagi-bagi hadiah. Yaitu tiga sepeda gunung dan puluhan hadiah lainnya serta sejumlah doorprize menarik,” tukasnya.

Baca Juga :   Hari Koperasi ke 75, Bupati Tegal Berpesan Agar UMKM Makin Maju