Slawipos.com – Ratusan Pengunjung Hadiri Kirab Budaya Seng Thian Kongco Liem Thay Soe, Gelaran Festival Kuliner Indonesia diserai dengan Kirab Budaya Seng Thian Kongco Liem Thay Soe berlangsung meriah.

Kemeriahan itu nampak diperlihatkan saat Kirab Budaya berjalan mengellilingi Kota Slawi, Kabupaten Tegal di hari ini Minggu 23 Oktober 2022.

Hal tersebut disampaikan perwakilan panitia Festival Kuliner Indonesia dan perayaan Seng Thian Kongco Liem Thay Soe, Alex Fernando saat dihubungi Portal Brebes melalui sambungan telephone, Minggu 23 Oktober 2022.

Menurutnya, kegiatan kirab budaya Seng Thian Kongco Liem Thay Soe yang berlangsung hari ini, dimulai pukul 13.00 Wib dimeriahkan berbagai warna budaya seperti kuntulan, paskibraka hingga kirab tandu.

Disebutkan, bahwa tandu yang dikeluarkan hari ini ada sebanyak 14 tandu. 2 Diantaranya dari Slawi dan sisanya dari luar daerah.

“Hari ini kita mempersembahkan 14 tandu yang diisi dari Slawi dan berbagai daerah,” jelasnya.

Selain itu, dalam memeriahkan perayaan Seng Thian Kongco Liem Thay Soe, dirinya beserta panitia lainnya memakai adat Betawi.

Baca Juga :   Jarak Toko Modern di Tegal Rencananya Akan Diatur Menggunakan Perda

“Kita memakai adat betawinan, karena betawi itu yang sangat dekat sekali dengan budaya Tionghoa itu. Terlebih akulturasinya sangat kuat sekali,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Alex menyebut bahwa Dewa Seng Thian Kongco Liem Thay Soe juga dikeluarkan dalam kirab budaya tersebut.

“Karena beliaulah yang punya hajat,” bebernya.

Dikatakan, bahwa ribuan pengunjung telah hadir dalam memeriahkan Festival Kuliner Indonesia da Kirab Budaya Seng Thian Kongco Liem Thay Soe.

“Untuk hari ini, diperkirakan pengunjung mencapai 5 ribu pengunjung, kalau ditotal dari hari Jumat ya lebih,” pungkasnya.

Alex menambahkan, dalam kesempatan itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah khususnya Bupati Tegal Umi Azizah yang sudah mengintruksikan perayaan Seng Thian Kongco Liem Thay Soe yang nantinya dijadwalkan ditiap tahun.