TNI Siap Jaga Pemilu dan Pilkada 2024, Pj Gubernur Jateng: Kami Percaya

TNI Siap Jaga Pemilu dan Pilkada 2024

Semarang – TNI Siap Jaga Pemilu dan Pilkada 2024, Pj Gubernur Jateng: Kami Percaya, Pemilu dan Pilkada serentak 2024 menjadi salah satu tantangan besar bagi Indonesia. Untuk menghadapi tantangan ini, TNI bersama Polri dan pemerintah daerah berjanji untuk mengawal pelaksanaan pesta demokrasi tersebut dengan aman dan sukses.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, yang menghadiri peringatan HUT ke-78 TNI dan HUT ke-73 Kodam IV/ Diponegoro, di Makodam IV/ Diponegoro, Kamis, Semarang (5/10/2023). Ia mengatakan bahwa ia yakin TNI dapat bekerja sama dengan Polri dan instansi terkait lainnya untuk melaksanakan pengamanan dan pengawalan Pemilu-Pemilukada 2024.

“Kami yakin bahwa TNI memiliki kemampuan dan profesionalisme untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Pemilu-Pemilukada 2024. Kami juga yakin bahwa TNI dapat bersinergi dengan Polri dan pemerintah daerah untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan nyaman bagi masyarakat,” ujar Nana.

Nana menekankan bahwa sinergitas dan soliditas antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah sangat penting untuk mewujudkan pesta demokrasi yang aman. Ia mengatakan bahwa tanpa keamanan, pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak akan berjalan lancar. Oleh karena itu, ia meminta agar semua pihak dapat bekerja sama untuk mengawal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

Baca Juga :   Himpaudi Rembang Siap Bentuk Karakter Anak Bangsa di Usia Emas

“Pembangunan harus diamankan pelaksanaannya. Kami tidak ingin ada gangguan atau hambatan yang dapat merusak proses demokrasi di negara kita. Kami ingin semua masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan bebas dan adil,” tegas Nana.

Hal senada juga disampaikan oleh Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, yang membacakan amanat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Ia mengatakan bahwa TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi, untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Ia mengatakan bahwa suksesnya pesta demokrasi akan menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa mendatang. Oleh karena itu, ia meminta agar para prajurit TNI dapat peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. Ia juga meminta agar TNI dapat menjamin keamanan dan kelancaran dalam mewujudkan Pemilu 2024, yang dapat berlangsung aman damai dan sejuk.

“TNI siap menjaga Pemilu dan Pilkada 2024 dari segala ancaman dan gangguan. Kami siap bekerja sama dengan semua pihak yang terlibat dalam proses demokrasi. Kami siap menjaga kedaulatan dan kesejahteraan bangsa Indonesia,” kata Widi.

Baca Juga :   Ribuan Warga Semarang Gowes Bareng Wagub Jateng Sambut Tahun Politik

Dalam acara tersebut, Pj Gubernur Jateng juga memberikan penghargaan kepada tiga kodim terbaik yang menyukseskan program TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan dari BKKBN. Ketiga kodim tersebut adalah Kodim 0711/ Pemalang, Kodim 0707/ Wonosobo dan Kodim 0716/ Demak.***