BPBD Temanggung Imbau Warga Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan di Musim Kemarau

BPBD Temanggung Imbau Warga Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan di Musim Kemarau

TEMANGGUNG – BPBD Temanggung Imbau Warga Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan di Musim Kemarau, Di tengah musim kemarau yang sedang berlangsung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan. Hal ini dikarenakan kondisi hutan dan lahan yang sangat kering sehingga mudah terbakar jika terkena api.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Toifur Hadi Wuryanto, mengatakan bahwa kebakaran hutan tidak hanya merugikan secara ekonomi, tetapi juga merusak fungsi dan manfaat hutan bagi kehidupan. “Hutan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, seperti sumber obat-obatan, air, iklim mikro, kesuburan tanah, pencegahan bencana, dan habitat satwa liar,” ujarnya pada Selasa (12/9/2023).

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Toifur mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan Perhutani, TNI, Polri, basecamp, MPA, dan relawan telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran di hutan dan lahan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan segera melaporkan jika ada kebakaran.

Baca Juga :   Kota Lama Semarang, Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya yang Menawan

“Kami harap masyarakat bisa turut serta dalam menjaga hutan dari kebakaran. Jangan sampai ada yang sengaja membakar hutan atau lahan untuk membuka lahan baru. Ini adalah tindakan melawan hukum yang bisa dikenai sanksi pidana sesuai dengan UU No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan,” tegasnya.***