Baznas Jateng Dapat Apresiasi dari Wagub dan Baznas RI

Baznas Jateng Dapat Apresiasi dari Wagub dan Baznas RI

Semarang – Baznas Jateng Dapat Apresiasi dari Wagub dan Baznas RI, Baznas Jateng berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan zakat, infak, dan sodakoh melalui lembaga tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dalam acara Baznas Jateng Award, di Grhadhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (28/8/2023).

Wagub mengatakan bahwa Baznas Jateng telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam pengentasan kemiskinan. Baznas Jateng telah memberikan bantuan berupa pembangunan rumah tidak layak huni, jambanisasi, pelatihan kerja, pemberian modal usaha, dan pemenuhan kebutuhan protein hewani.

“Ketika saya sering keliling ke beberapa daerah, (masyarakat) mengucapkan terima kasih kepada Baznas, utamanya dalam pengentasan kemiskinan,” kata Gus Yasin, sapaan wagub.

Wagub juga mengapresiasi pengelolaan zakat dari ASN yang menjadi salah satu sumber pendapatan Baznas Jateng. Ia berharap Baznas di kabupaten/kota juga dapat meniru kinerja Baznas Jateng dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat.

“Berikan kepercayaan kepada masyarakat, bahwa Baznas di kabupaten/kota, panjenengan ini juga diterima oleh masyarakat, seperti halnya Baznas provinsi Jateng, yang di awal-awal pengumpulannya untuk ASN saja. Akan tetapi saat ini sudah mendapatkan kepercayaan di masyarakat, sehingga banyak masyarakat menyalurkan zakat, wakaf, sodakohnya juga terhadap Baznas,” ujar Gus Yasin.

Baca Juga :   Atikoh Sapa Anak Penyandang Cerebral Palsy Penerima Kursi Roda dari Australia

Wagub juga menyampaikan terima kasih kepada Baznas Jateng karena telah mendukung program pemerintah dalam menghapus kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah. Ia mengakui bahwa anggaran APBD tidak cukup untuk menyelesaikan masalah kemiskinan yang kompleks.

“Tentu kami dari Pemprov Jateng berterima kasih, karena ketika kita melakukan pengentasan kemiskinan, rasa-rasanya APBD kita kurang. Dengan adanya Baznas, kami terbantu. Dengan adanya Baznas, kami bisa lebih banyak menyelesaikan kemiskinan, utamanya yang diperintahkan Bapak Presiden, menghapus kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah,” papar Gus Yasin.

Sementara itu, Ketua Baznas RI Noor Achmad juga memberikan apresiasi kepada Baznas Jateng. Ia menilai bahwa Baznas Jateng telah bekerja dengan baik dalam mengelola zakat, infak, dan sodakoh. Ia berharap Baznas Jateng dapat terus berkontribusi dalam membantu masyarakat miskin.

“Kita bisa membantu masyarakat miskin. Memang pesan dari Bapak Presiden, pesan juga dari Bapak Wapres, dan tentu saja dilanjutkan oleh Bapak Gubernur Jateng dan Baznas Provinsi Jateng, kita keroyok bareng-bareng kemiskinan, terutama kemiskinan ekstrem di Jateng, sehingga tahun 2024 tidak ada kemiskinan ekstrem di Jateng. Dan itu diakui bagian untuk menyelesaikan itu adalah Baznas Provinsi Jateng,” tuturnya.

Baca Juga :   Manfaatkan Medsos Desa untuk Pasarkan Potensi Lokal, Dinkominfo Temanggung Monev KIM