Warga Kemalang Terima Bantuan Air Bersih dari Pemkab Klaten

Warga Kemalang Terima Bantuan Air Bersih dari Pemkab Klaten

Slawipos.com – Warga Kemalang Terima Bantuan Air Bersih dari Pemkab Klaten, Akibat musim kemarau panjang yang disebabkan oleh fenomena El Nino, warga di Desa Sidorejo dan Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten mengalami kesulitan air bersih. Untuk mengurangi beban warga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengirimkan bantuan air bersih bagi warga di kedua desa tersebut, Selasa (22/8/2023).

Bantuan air bersih diserahkan langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, yang didampingi oleh Forkopimda Klaten. Bantuan yang diserahkan sebanyak enam tangki air bersih dengan kapasitas 5.000 liter masing-masing tangki atau sekitar 30.000 liter. Bupati Klaten mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Klaten untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda.

“Alhamdulillah masyarakat antusias menerima bantuan air bersih dari Pemkab Klaten. Jika kondisi kemarau seperti ini tidak ada hujan, warga biasanya harus membeli air bersih. Semoga ini bisa meringankan beban masyarakat,” paparnya.

Bupati Klaten menambahkan, selama musim kemarau ini, Pemkab Klaten telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 210 tangki kepada warga di wilayah terdampak kekeringan, di antaranya wilayah Wedi, Bayat, dan Cawas. Ia berharap, bantuan ini dapat membantu warga di lereng Gunung Merapi yang biasa mengandalkan air hujan yang ditampung sebagai cadangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga :   Ganjar Buka Bootcamp 150 Pelaku UMKM Desa se-Jateng

“Harapan kami dengan bantuan air bersih yang kami salurkan ini, lebih bisa meringankan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Klaten juga menyampaikan bahwa permasalahan dampak kekeringan di wilayah Kemalang membutuhkan perhatian khusus. Hal ini lantaran di kedua desa tersebut tidak memungkinkan dibangun sumur dalam. Oleh karena itu, solusi yang paling memungkinkan adalah memperbaiki saluran air dari sumber air Bebeng yang ada di wilayah Kabupaten Sleman, DIY.

“Solusi yang paling memungkinkan adalah memperbaiki saluran air dari sumber air Bebeng yang ada di wilayah Kabupaten Sleman, DIY. Selanjutnya akan segera kami koordinasikan agar permasalahan ini dapat terselesaikan,” katanya.