Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen Apresiasi Sembung Tower dan Islamic Centre di Batang

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen Apresiasi Sembung Tower dan Islamic Centre di Batang

Batang – Desa Sembung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, mendapat kunjungan dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, Minggu (20/8/2023). Wagub datang untuk menghadiri karnaval peringatan HUT ke-78 RI yang digelar oleh warga desa.

Wagub tampak tertarik dengan dua bangunan yang menjadi ikon Desa Sembung, yaitu Sembung Tower dan Islamic Centre. Sembung Tower adalah gedung desa setinggi delapan lantai yang dibangun secara gotong royong oleh warga dengan dana swadaya dan donatur. Islamic Centre adalah pusat kegiatan keagamaan yang memiliki replika kakbah dan perpustakaan kitab ajaran Islam.

“Sembung Tower ini kalau saya lihat seperti di Mekah. Semoga ini menjadi monumen yang bermanfaat,” kata Gus Yasin, sapaan wagub, seusai melepas karnaval.

Dia menyambut baik Sembung Tower yang akan dilengkapi dengan perpustakaan. Sebab, perpustakaan tersebut nantinya akan sangat berguna bagi peningkatan literasi di masyarakat, khususnya dalam menunjang pendidikan. Sehingga, generasi penerus bangsa ini bisa mendapatkan lebih banyak ilmu.

“Katanya tadi di atas ada perpustakaan yang mendukung pendidikan oleh masyarakat desa sembung ini. Kemajuan negara harus ditopang dengan pendidikan yang ada di masyarakat,” imbuh Gus Yasin.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Beri Makanan Tambahan Lokal dan Sedekah Telur untuk Cegah Stunting

Dalam kesempatan itu, wagub juga meresmikan Islamic Centre di Desa Sembung. Begitu sampai di Islamic Centre, ia langsung memasuki replika kakbah, yang di dalamnya berisi perpustakaan berbagai kitab ajaran Islam, yang dapat dipelajari warga.

“Di sini diwakafkan tanah dan bangunan untuk memperdalam agama. Ini yang kita apresiasi,” katanya.

Kepala Desa Sembung, Muhammad Untung, mengatakan, Sembung Tower di desanya dibangun dengan dana mencapai Rp1,5 miliar. Dana tersebut berasal swadaya masyarakat beserta donatur.

“Insyaallah awal tahun ini (meski) belum selesai 100 persen, tapi sudah bisa kita nikmati. Persemian nanti di Agustus depan (2024),” katanya.

Usai menghadiri pawai di Desa sembung, wagub melanjutkan kunjungan ke Desa Deles Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Di sana wagub meresmikan Bumi Perkemahan dan Balai Desa Deles.

Dalam sambutannya, wagub mengajak perangkat desa dan segenap masyarakat untuk meningkatkan potensi wisata alam yang ada. Selain itu, wagub juga meminta agar masyarakat tidak menggunakan sungai sebagai sarana buang air besar.