Ganjar Pranowo Ajak Kolaborasi Bangun Ekonomi Jawa Tengah di HUT ke-78

Ganjar Pranowo Ajak Kolaborasi Bangun Ekonomi Jawa Tengah di HUT ke-78

Slawipos.com – Ganjar Pranowo Ajak Kolaborasi Bangun Ekonomi Jawa Tengah di HUT ke-78, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Provinsi Jawa Tengah di lapangan alun-alun Kabupaten Brebes, Sabtu (19/8/2023). Dalam amanatnya, Ganjar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi membangun ekonomi Jawa Tengah yang terdampak pandemi Covid-19.

Ganjar mengakui, pandemi Covid-19 telah memengaruhi sektor kesehatan dan ekonomi di Jawa Tengah. Dia menyebut, ada beberapa target pembangunan yang belum tercapai akibat pandemi. Namun, dia juga menyampaikan beberapa prestasi yang telah diraih oleh Jawa Tengah, seperti penurunan angka kemiskinan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Alhamdulillah hasil BPS angka (kemiskinan) turun drastis. Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah kini bahkan melampaui nasional sebesar 5,23 persen. Ini semua hasil kerja keras semua warga Jawa Tengah,” kata Ganjar.

Ganjar menekankan, untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja ekonomi Jawa Tengah, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. Dia mengatakan, pihaknya akan terus mendorong investasi di Jawa Tengah dengan memberikan kemudahan perizinan, menjaga integritas, dan menegakkan hukum.

Baca Juga :   Berhasil Beli Rumah Berkat Lapak Ganjar, Pelaku UMKM Ini Terharu Bertemu Gubernur Jateng

“Kita gas pol investasi, bisa dilakukan bila kita tidak mempersulit perizinan, kalau tak ada pungli, jaga integritas, penegakan hukum bagus, maka pengusaha kalau datang jangan diperes, jangan dipersulit, itu akan jadi triger ekonomi,” ujarnya.

Selain itu, Ganjar juga mengungkapkan upaya peningkatan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Dia berharap, Baznas bisa membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial dan ekonomi.

Di akhir acara, Ganjar juga menyempatkan diri berpamitan kepada seluruh warga Brebes, sebelum pada 5 September 2023 mengakhiri jabatan sebagai gubernur. Dia berterima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan selama ini.

“Saya percaya, pengabdian yang terejawantah menjadi sistem dan budaya yang kuat akan terus berlanjut. Saya harap Jawa Tengah akan semakin baik selepas saya turun dari jabatan gubernur,” tutupnya.