Brebes Expo 2023 Raih Omzet Rp1 Miliar

Brebes Expo 2023 Raih Omzet Rp1 Miliar

Brebes – Brebes Expo 2023 Raih Omzet Rp1 Miliar, Pameran Brebes Expo 2023 yang berlangsung selama lima hari di Kompleks Gedung Olah Raga (GOR) Sasana Krida Adhikarsa (SKA) berhasil meraih omzet sebesar Rp1 miliar. Pameran tersebut diikuti oleh 357 stan dari berbagai sektor, mulai dari pemerintah, swasta, hingga UMKM.

Ketua Seksi Pameran, Pasar Malam, UKM dan IKM Panitia HUT RI Kabupaten Brebes, Zaenudin, mengatakan bahwa pameran tersebut bertujuan untuk mempercepat perputaran roda perekonomian di Kabupaten Brebes. Ia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang datang berkunjung ke pameran tersebut.

“Rata-rata omzet per hari mencapai Rp200-250 juta, sehingga total omzetnya Rp1 miliar. Kiranya hal ini sangat menggembirakan karena dapat mempercepat perputaran roda perekonomian di Kabupaten Brebes,” ujar Zaenudin saat penutupan pameran, Minggu (16/8/2023).

Zaenudin menjelaskan bahwa Brebes Expo 2023 menampilkan berbagai produk khas Brebes, seperti tanaman, kuliner, dan kerajinan. Selain itu, pameran juga diisi oleh instansi pemerintah, pengembang properti, dan pelaku usaha lainnya. Pameran ini juga dilengkapi dengan pasar malam dan hiburan untuk menarik minat pengunjung.

“Meskipun Brebes Expo ini buka dari jam sembilan pagi hingga jam sembilan malam, keramaian pengunjung baru dimulai jam tiga sore, dengan jumlah rata rata pengunjung berkisar 15 ribu pengunjung per hari,” terangnya.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Sambut Antusias Pramuka Jateng di Hari Pramuka ke-62

Ia berharap bahwa pameran ini dapat menjadi sarana edukasi, rekreasi, dan promosi bagi masyarakat Kabupaten Brebes. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta pameran yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Meskipun terdapat beberapa stan yang kosong, kami bersyukur kegiatan ini berjalan lancar. Kami berharap tahun depan dapat diselenggarakan dengan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Brebes, yang diwakili Sekretaris Daerah setempat, Djoko Gunawan, menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh peserta pameran. Ia mengatakan bahwa pameran ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan pembangunan di Brebes.

“Melihat besarnya animo masyarakat menyaksikan gelaran pasar malam dan Brebes Expo, tujuan penyelenggaraan kegiatan pameran dan pasar malam ini dapat benar-benar tercapai, artinya tidak hanya suguhan hiburan masyarakat juga tahu berbagai informasi terkait produk khas Brebes termasuk pembangunan,” katanya.

Ia juga mengajak masyarakat Brebes untuk mempertebal kecintaan pada tanah air dengan cara mencintai produk lokal buatan anak negeri. Ia menekankan pentingnya menguatkan nasionalisme dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga :   Brebes Siapkan Perda Kawasan Tanpa Rokok, Kantor, Sekolah, dan Rumah Sakit Jadi Sasaran

“Dengan pikiran terbuka dan menjauhkan diri dari gengsi semata, mari kita cintai dan gunakan produk dalam negeri. Ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong,” serunya.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Djoko juga menyerahkan hadiah lomba stan terbaik kepada para pemenang. Ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu Kategori OPD, Kategori Swasta, dan Kategori UMKM. Berikut adalah daftar para pemenang:

  • Kategori OPD: Terbaik Pertama Dinas Pekerjaan Umum, Terbaik Kedua Dindikpora, Terbaik Ketiga DPKP.
  • Kategori Swasta: Terbaik Pertama Perum Almaz, Terbaik Kedua Duta Kembar, Terbaik Ketiga Samira Travel.
  • Kategori UMKM: Terbaik Pertama Es Krim Goreng, Terbaik Kedua UMKM Mitra Mandiri, Terbaik Ketiga UMKM Brebes Bermartabat.

“Selamat kepada para pemenang, stan terbaik ini mewakili keberhasilan pembangunan di Brebes, baik dalam pemerintahan maupun UMKM,” ucap Djoko.