Expo dan Pameran UMKM Meriahkan HUT ke-78 Jateng di Brebes

Expo dan Pameran UMKM Meriahkan HUT ke-78 Jateng di Brebes

Brebes – Expo dan Pameran UMKM Meriahkan HUT ke-78 Jateng di Brebes, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar Expo dan Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lapangan Timur GOR Adhi Karsa, Kabupaten Brebes, Jumat (18/8/2023). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 pelaku UMKM dari berbagai klaster, seperti kuliner, Bumdes, UKM, dan gerakan pangan murah.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno mengatakan, Expo dan Pameran UMKM ini adalah salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan yang digelar dalam perayaan HUT ke-78 Provinsi Jateng. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM yang berkualitas dan inovatif dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Di tempat ini diadakan Expo dan pameran UMKM yang terdiri dari empat klaster. Yaitu klaster kuliner, Bumdes, klaster UKM, klaster gerakan pangan murah,” kata Sumarno, yang juga ketua panitia acara dalam sambutannya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan, adanya kegiatan Expo dan pameran UMKM dilakukan bazar yang bisa dinikmati warga Jateng, salah satunya di Kabupaten Brebes. Ia mengatakan bahwa pemilihan Kabupaten Brebes sebagai tempat perayaan HUT ke-78 Jateng juga ingin mengangkat inovasi kawan-kawan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Brebes.

Baca Juga :   Ganjar dan Atikoh Dapat Penghargaan dari BKKBN Atas Prestasi Tekan Angka Stunting di Jateng

“Dipusatkan di Brebes, salah satunya karena ingin mengangkat inovasi kawan-kawan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Brebes,” kata Gus Yasin, sapaannya usai membuka kegiatan.

Menurutnya, sejumlah UMKM Brebes unggulan seperti telur asin, bawang merah, dan lainnya. Termasuk, inovasi yang mereka lakukan seperti halnya kemasan bawang merah goreng, bawang merah sambal, dan lainnya.

Pelaku UMKM Prasetyo Oedji Antono dari Forum Bumdes Bhumi Phala Kabupaten Temanggung mengaku, acara expo dan pameran UMKM sangat membantu perkembangan ekonomi masyarakat. Ia mengatakan bahwa ia bisa meningkatkan promosi produk dalam acara ini. Ia juga mendapat kesempatan untuk menjual produk-produknya kepada Wakil Gubernur Jawa Tengah.

“Kita bisa meningkatkan promosi produk dalam acara ini. Tadi Pak Wagub sempat membeli produk kami. Ada cokelat gula aren, kopi, dan produk lain. Makanan ringan,” kata Prasetyo di lokasi.

Rangkaian kegiatan HUT Jateng dipusatkan di Brebes. Di antara kegiatan itu adalah bakti sosial, great sale, Jambore Gayeng, Fun Run, jalan sehat, Jateng Bersholawat, Upacara Peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jateng, Sapta Mitra Pantura, gelar adat budaya dan sarasehan, dan lainnya.