Bupati Grobogan Hadiri Upacara HUT ke-78 RI dengan Pakaian Adat Aceh

Bupati Grobogan Hadiri Upacara HUT ke-78 RI dengan Pakaian Adat Aceh

Grobogan – Bupati Grobogan Hadiri Upacara HUT ke-78 RI dengan Pakaian Adat Aceh, Bupati Grobogan Sri Sumarni menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat kabupaten Grobogan, di Alun-Alun Purwodadi, Kamis (17/8/2023). Bupati tampil dengan pakaian adat nasional yang berasal dari Aceh, sebagai bentuk penghargaan kepada keragaman budaya Indonesia.

Bupati juga bertindak sebagai inspektur upacara dalam kesempatan itu. Jalannya upacara berlangsung khidmat dan lancar. Dalam upacara kali ini, juga dilangsungkan remisi pada narapidana. Sebanyak 200 narapidana di Lapas Kelas IIB Purwodadi mendapat pengurangan masa tahanan atau remisi. Penyerahan remisi tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Sri Sumarni, setelah upacara bendera.

Setelah selesai, bupati dan Forkopimda mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Gedung Riptaloka. Dalam kesempatan itu, bupati menyampaikan amanat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang memberikan apresiasi kepada para petani, buruh, guru, dan pemuka agama, serta kepada para nelayan, pengusaha dan karyawan.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tidak terkira kepada saudara-saudaraku. Dari kerja keras pajenenganlah Jawa Tengah jadi salah satu lumbung pangan Indonesia. Begitu juga para pekerja profesional PNS maupun pejabat pemerintahan, yang telah melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab, yakni memberikan pelayanan terbaik, cepat dan mudah kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :   Boyolali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya

Kemudian, pada sore harinya dilangsungkan Upacara Penurunan Bendera di Alun-alun Purwodadi. Dalam kesempatan itu, bupati berpesan kepada semua masyarakat Kabupaten Grobogan, untuk berbahagia dalam menyambut HUT ke-78 RI ini. Dia mendorong para generasi muda di Indonesia khususnya bisa terus melaju dan berinovasi untuk kemajuan Indonesia.

“Rasa nasionalisme kita di upacara kemerdekaan ini harus terus ditingkatkan, dan kami harap masyarakat bisa mengisi kemerdekaan ini dengan rasa yang bahagia,” tandasnya.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keberhasilan, dengan semangat gotong royong. Dengan begitu, Kabupaten Grobogan akan semakin maju. Dia menuturkan, dengan gotong royong akan mampu menggelorakan api nasionalisme dan patriotisme, sekaligus menyukseskan seluruh program-program pembangunan.