Telah Dikukuhkan Paskibraka Jawa Tengah Siap Sambut HUT RI Ke-78

Telah Dikukuhkan Paskibraka Jawa Tengah Siap Sambut HUT RI Ke-78

Slawipos.com – Telah Dikukuhkan Paskibraka Jawa Tengah Siap Sambut HUT RI Ke-78, Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 pada 17 Agustus 2023, para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah telah dikukuhkan oleh para bupati dan wali kota. Mereka akan bertugas mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih pada upacara peringatan hari kemerdekaan di daerah masing-masing.

Di Kabupaten Boyolali, Bupati M Said Hidayat mengukuhkan 67 anggota Paskibraka pada Selasa (15/8/2023) di Pendapa Gede Kabupaten Boyolali. Para anggota Paskibraka ini merupakan siswa-siswi terbaik dari 426 peserta yang diseleksi dari seluruh SMA/SMK/MA se-Kabupaten Boyolali. Mereka telah menjalani pelatihan dan karantina selama 16 hari untuk mempersiapkan diri menjalankan tugas mulia ini.

Bupati Said mengucapkan selamat bertugas kepada para anggota Paskibraka dan berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Ia juga mengingatkan mereka untuk menjadi generasi penerus yang mencintai tanah air dan memberikan kebanggaan kepada orang tua dan daerah mereka.

Baca Juga :   Dharma Wanita Persatuan Klaten Senam Berkebaya di Bukit Sidoguro

Sementara itu, di Kabupaten Wonogiri, Bupati Joko Sutopo juga mengukuhkan 35 anggota Paskibraka pada hari yang sama di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Mereka akan bertugas pada upacara peringatan hari kemerdekaan di Stadion Pringgondani Wonogiri pada Rabu (17/8/2023). Para anggota Paskibraka ini menerima pengukuhan dengan dililitkannya Sabuk Kecakapan Pandu Indonesia Perpancasila dan pemasangan Lencana Merah Putih Garuda.

Bupati Joko menyampaikan bahwa pengukuhan ini menunjukkan bahwa para anggota Paskibraka telah siap untuk diukur oleh masyarakat tentang ketinggian martabatnya sebagai manusia dan warga negara Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya bagi mereka untuk mengamalkan kode kehormatan Dharma Mulia Putra Indonesia dan Ikrar Putra Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Ia berharap, dengan menjadi anggota Paskibraka, mereka dapat berkontribusi mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Pengukuhan Paskibraka juga dilakukan oleh kabupaten/kota lain di Jawa Tengah, seperti Semarang, Solo, Magelang, Klaten, Sukoharjo, dan lain-lain. Para anggota Paskibraka ini merupakan generasi muda yang berprestasi dan berdedikasi tinggi untuk menghormati simbol negara. Mereka juga menjadi contoh bagi generasi muda lainnya untuk terus belajar dan berkarya bagi bangsa dan negara.