Seminar Pekan ASI Sedunia digelar di Gedung Setda Kabupaten Kudus

Seminar Pekan ASI Sedunia digelar di Gedung Setda Kabupaten Kudus

Slawipos.com – Seminar Pekan ASI Sedunia digelar di Gedung Setda Kabupaten Kudus, Selasa (8/8/2023), dengan tema “Bersama-sama Mendukung Ibu Sukses Menyusui dan Bekerja”. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap ibu bekerja yang memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kepada anaknya hingga usia enam bulan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, mengatakan bahwa semua ibu memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk menyusui anaknya. Ia meminta agar lingkungan kerja menciptakan kondisi yang ramah dan mendukung proses menyusui. Ia juga berharap agar tidak ada hambatan atau diskriminasi bagi ibu bekerja yang menyusui.

“Pemberian ASI eksklusif sangat berharga bagi kesehatan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, kita harus memberikan dukungan maksimal kepada ibu bekerja yang menyusui, baik dari keluarga, masyarakat, maupun tempat kerja. Ini adalah hak penting yang harus dijamin bagi setiap ibu,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Andini Aridewi, menambahkan bahwa Pekan ASI Sedunia adalah kampanye global yang dilakukan setiap tahun untuk mempromosikan manfaat dan pentingnya menyusui. Ia mengatakan bahwa seminar ini adalah salah satu bentuk aksi konkret untuk membantu ibu bekerja yang menyusui agar dapat memberikan ASI dengan optimal.

Baca Juga :   Sebaran Apem Yaqowiyu, Tradisi Unik yang Meriahkan Jatinom

“Kami percaya bahwa menyusui adalah investasi terbaik bagi masa depan anak. Untuk itu, kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan mendukung ibu bekerja yang menyusui, di mana pun mereka berada. Kami juga mengapresiasi para perempuan yang menjalankan peran ganda sebagai pekerja dan penyedia ASI terbaik bagi buah hati mereka,” tuturnya.